Kompas TV pendidikan kampus

Ada Golden Ticket, Unair Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Prestasi untuk Ketua OSIS

Kompas.tv - 5 Februari 2024, 04:00 WIB
ada-golden-ticket-unair-buka-penerimaan-mahasiswa-baru-jalur-prestasi-untuk-ketua-osis
Kampus Merr-c Universitas Airlangga di Surabaya, Indonesia, (19/9/2023). Unair membuka penerimaan mahasiswa baru (Sumber: Dok. Unair via Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Universitas Airlangga (Unair) buka jalur "Golden Ticket" untuk ketua OSIS dan siswa yang berprestasi di bidang keagamaan. 

Pada tahun 2024 ini, Unair menargetkan ingin menerima 9.000 mahasiswa baru dari berbagai jalur seleksi yang ada. Adapun jalur yang tersedia, antara lain SNBP, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Jalur Mandiri. 

Rektor Unair, Prof. Mohammad Nasih mengatakan, jalur itu merupakan kuota tambahan dari seleksi prestasi selain melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Selain kategori ketua OSIS dan prestasi keagamaan, Prof. Nasih mengatakan, para peserta yang ingin ikut jalur Golden Ticket bisa memilih kategori prestasi lainnya yang tersedia. 

Baca Juga: Tabel Gaji PNS, TNI dan Polri yang Naik Tahun 2024 Berdasarkan Golongan dan Masa Kerja

"Akan ada tambahan dua sampai lima persen (kuota) melalui jalur Golden Ticket," kata Prof. Nasih dikutip dari laman resmi Unair, Jumat (3/2).     

"Ini kesempatan yang bagus jadi harus disiapkan agar tidak sia-sia. Pintu terbuka lebar bagi siapa saja, lulusan Unair harus digembleng agar menjadi lulusan tangguh kedepan," ujarnya. 

Jika dirincikan jumlah kuota yang diterima dari SNBP sebesar 20 persen ditambah jalur Golden Ticket 2 sampai 5 persen, SNBT 30 persen, dan seleksi mandiri 50 persen. 

Seleksi mandiri ini terbagi menjadi beberapa bagian, seperti mandiri prestasi, mandiri ujian tertulis berbasis komputer (UTBK), mandiri ujian tulis, dan mandiri kemitraan. Prof. Nasih juga menyampaikan, untuk menjadi mahasiswa Unair tidak perlu merisaukan kendala biaya kuliah.

Baca Juga: Diubah, Batas Usia Maksimal Daftar UTBK SNBT 2024 Tidak Lagi 22 Tahun


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x