Kompas TV pendidikan kampus

Waspada Penipuan Seleksi Sekolah Kedinasan! Ini Pesan MenPANRB Azwar Anas

Kompas.tv - 18 Mei 2024, 11:35 WIB
waspada-penipuan-seleksi-sekolah-kedinasan-ini-pesan-menpanrb-azwar-anas
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meminta masyarakat jangan percaya jika ada pihak yang menjanjikan bisa meloloskan sekolah kedinasan. (Sumber: Menpan.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meminta masyarakat tidak percaya jika ada pihak yang menjanjikan bisa meloloskan sekolah kedinasan.

Ia menjamin seleksi sekolah kedinasan dilakukan dengan sistem yang transparan dan akuntabel. 

“Bisa dipastikan itu hoaks, karena memang tidak ada titip-menitip. Seleksi dilakukan online melalui sistem Computer Assisted Test (CAT) yang transparan dan akuntabel sesuai arahan Presiden Jokowi,” kata Anas seperti dikutip dari laman resmi KemenPANRB, Minggu (18/5/2024). 

Adapun KemenPANRB telah menetapkan persetujuan formasi pada delapan instansi penyelenggara sekolah kedinasan dengan alokasi 3.445 formasi. Sejak 15 Mei 2024, masyarakat sudah bisa mendaftar sekolah kedinasan.

Baca Juga: Daftar Dokumen yang Dibutuhkan untuk Mendaftar Sekolah Kedinasan, Apa Saja?

“Pendaftaran sekolah kedinasan dimulai 15 Mei 2024 sampai 13 Juni 2024. Ayo gunakan kesempatan ini dengan baik, karena negara membutuhkan talenta-talenta masa depan yang unggul untuk membangun negeri ini,” ujar Anas. 

Ia merinci, sekolah kedinasan yang akan diberikan alokasi formasi adalah Politeknik Keuangan Negara STAN, Insitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Politeknik Siber dan Sandi Negara, dan Politeknik Statistika STIS.

Kemudian Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi, 22 sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan, serta Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG).

“Sekolah kedinasan yang diberikan alokasi tentu sudah melalui sejumlah pertimbangan, salah satunya menjawab tantangan zaman. Misalnya di STMKG, di mana kita menghadapi tantangan perubahan iklim," ungkapnya. 

Baca Juga: Link Pendaftaran Sekolah Kedinasan Poltekip dan Poltekim 2024, Ini Syarat dan Jadwalnya

"Juga di Politeknik Siber dan Sandi Negara di mana digitalisasi di semua sektor tak terelakkan, sehingga kita butuh talenta misalnya terkait cyber security,” ujarnya. 

Anas berharap sekolah-sekolah kedinasan dapat menjaga kualitas dan martabat proses pendidikan di Indonesia dengan mencegah perundungan.

“Supaya menjadi perhatian bagi kita semua. Tidak ada lagi bullying di proses seleksi maupun proses pendidikan di seluruh sekolah kedinasan, karena ini sudah menjadi arahan Bapak Presiden,” ucapnya.

Berikut Jadwal Seleksi Sekolah Kedinasan 2024: 

Pengumuman Seleksi: 14 s.d. 28 Mei 2024

Pendaftaran Seleksi: 15 Mei s.d. 13 Juni 2024

Seleksi Administrasi: 15 Mei s.d. 17 Juni 2024

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 18 s.d. 20 Juni 2024

Baca Juga: Syarat Lengkap dan Cara Daftar Sekolah Kedinasan IPDN 2024

Penarikan Data Final: 21 s.d. 23 Juni 2024

Pembuatan Kode Billing PNBP: 24 s.d. 26 Juni 2024

Pembayaran PNBP: 27 Juni s.d. 5 Juli 2024



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x