Kompas TV regional berita daerah

Industri di Yogyakarta Dukung Gerakan Indonesia Raya Bergema

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 09:30 WIB
Penulis : Gempita Surya

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X secara resmi meluncurkan Gerakan Indonesia Raya Bergema.

Peluncuran ini dilakukan tepat pada momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Kamis (20/5/2021) dari Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

"Momentum hari ini sejatinya ingin menggugah ingatan kita bahwa Indonesia Raya membuat kita untuk bangkit gumregah dengan amalan Bangunlah-Jiwanya, Bangunlah-Badannya, di mana bersemayam geest atau ruh yang mampu memperteguh semangat kebangsaan dalam membangun Indonesia Raya yang maju dan bermartabat," ujar Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya di seremonial pencanangan Indonesia Raya Bergema, Kamis (20/5/2021).

Semangat mengumandangkan lagu kebangsaan ini disambut positif oleh masyarakat Yogyakarta.

Saat uji coba pemutaran lagu Indonesia Raya pada Rabu (19/5/2021) di Pasar Beringharjo Yogyakarta, para pedagang serentak berdiri dengan sikap sempurna saat lagu kebangsaan diperdengarkan.

Sejumlah industri di kawasan DIY juga turut melaksanakan imbauan tersebut dengan khidmat.

Tak hanya berdiri dengan sikap sempurna, ada pula yang mengepalkan tangan di dada sebagai bentuk penghormatan terhadap lagu “Indonesia Raya”.

Sebelumnya pada 18 Mei, Gubernur DIY mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 29/Se/V/2021 tentang Memperdengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Melalui surat edaran tersebut, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau lagu Indonesia Raya satu stanza diperdengarkan di ruang publik di wilayah DIY setiap hari pukul 10 pagi mulai 20 Mei.(*)

Video Editor: Arief Rahman



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x