Kompas TV regional berita daerah

Kurangi Limbah Rumah Tangga, Minyak Jelantah Ditukar Sabun

Kompas.tv - 2 Juni 2021, 14:53 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Sebuah usaha loundry di makasasr sulawesi selatan terima minyak jelantah untuk ditukar dengan sabun hingga parfum. Ini dilakukan untuk mengurangi limbah minyak rumah tangga.

Sekilas tak ada yang berbeda dengan usaha loundry milik reski randa bathara.

Usaha loundry yang beralamat di jalan kompleks wesabbe kecamatan tamalanrea ini menyediakan jasa cuci baju dan berjualan sabun hingga parfum.

Menariknya pelanggan yang datang bukan hanya membawa baju kotor nanun membawa minyak jelantah. Minyak goreng bekas pakai ini dapat ditukar dengan sabun curi piring atau baju hingga parfum. Selain mengurangi limbah minyak rumah tangga juga membantu mengurangi pengeluaran.

Ide minyak jelantah di tukar sabun muncul saat  pemilik loundry mengetahui kerusakan yang ditimbulkan dari limbah minyak goreng bekas pakai. Lulusan sastra bahasa jepang universitas hasanuddin makassar ini lalu menjaling kerjasama dengan rekannya yang menjadi pengusaha pembuatan biodiesel di surabaya. Riski menjadi pengepul minyak jelantah kemudian di kirim ke kota surabaya untuk di olah menjadi energi terbarukan.

Warga pun mulai ramai memanfaatkan penukaran minyak jelantah ditukar sabun. Selain hemat juga membantu warga dalam mengolah limbah.  Saat penukaran berlangsung protokol kesehatan tetap diterapkan. Warga tetap  menggunakan masker dan menjaga jarak.

#LINGKUNGAN
#LIMBAHRUMAHTANGGA
#PAHLAWANLINGKUNGAN




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x