Kompas TV regional berita daerah

Bantuan Mesin Desalinasi Tenaga Surya

Kompas.tv - 3 September 2021, 14:13 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Kapal angkatan laut australia hmas canberra, menyerahkan mesin desalinasi tenaga surya pertama di nusa lembongan kepada yayasan pendidikan wisata darma bali.

Inisiatif ini pimpin oleh lsm australia, surfrider foundation australia dengan dana dan dukungan dari pemerintah australia.

Mesin desalinasi tenaga surya di bawa menuju nusa lembongan menggunakan helikopter  hmas canberra milik angkatan laut australia.

Setelah mendarat, mesin ini langsung di bawa menuju sma wisata darma.

Pemberian bantuan mesin  desalinasi  ini berawal  setelah lsm australia surfrider foundation dan bottle for botol, mengunjungi sekolah tersebut dan menemui permasalahan  akses air serta  sampah plastik di pulau tersebut.

Mesin ini akan menghasilkan 150 liter air minum bersih per jam untuk 500 orang setiap hari. Diharapkan dengan hadirnya mesin desalinasi tenaga surya ini bisa membantu ketersediaan air minum untuk warga sekitar pulau nusa lembongan.

Sempat terjadi penundaan pengiriman akibat pandemi covid-19, namun akhirnya mesin desalinasi ini berhasil dikirim melalui kerja sama erat indonesia dan australia dalam bidang pertahanan dan kesiapsiagaan bencana.

Bantuan alat desalinasi ini disambut positif warga sekitar. Warga berharap kerjasama indonesia dan australian bisa terus terjalin dengan baik.

 

 

#KapalAngkatanLaut #Covid19 #YayasanWisataDarmaBali

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x