Kompas TV regional berita daerah

Warga Korban Banjir Bandang Kota Batu Mulai Bangun Rumah

Kompas.tv - 16 November 2021, 19:50 WIB
Penulis : KompasTV Malang

BATU,KOMPAS.TV- Agus Mulyono, adalah salah satu warga Dusun Sambong, Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji yang rumahnya hanyut terseret banjir bandang. Akibat banjir bandang tersebut rumah Agus berukuran 4×5 dan berjarak 6 meter dari sungai, rata dengan tanah.

Setelah sepekan melakukan pembersihan sisa material banjir, kini Agus Mulyono mulai membangun rumahnya. Rumah baru yang dibangun berada di lahan milik pribadi yang letaknya bersebelahan dengan rumah lama yang hanyut terbawa banjir.

Meski masih berada di sekitar sungai, namun menurut Agus, rumah yang ia bangun saat ini masih relatif aman. Jarak antara sungai dan rumah yang ia bangun sekitar 10 meter dan posisinya berada lebih tinggi dari posisi rumahnya yang hanyut.

Agus menjelaskan untuk bahan bangunan, pada tahap awal pembangunan rumah ini dirinya mendapat bantuan dari saudara dan warga sekitar.

Sedangkan bantuan bahan bangunan dari pemerintah belum ia ambil.

"Punya lahan sendiri, warisan orang tua, bahan bangunan dari saudara-saudara kalau kurang ada dari pemerintah, tinggal ambil" ujar Agus, Selasa(16/10/2021)

Sebelumnya, banjir bandang menerjang Kota Batu, Kamis (04/11/2021).

Ada 5 titik lokasi yang terdampak cukup parah.

Banjir bandang ini juga memakan 7 korban jiwa.

#banjirbandang #kotabatu




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x