Kompas TV regional kriminal

Detik-Detik Aksi Heroik Bripka Oktavianus Tangkap Penjambret, Diwarnai Kejar-kejaran hingga Tabrakan

Kompas.tv - 5 Februari 2022, 03:55 WIB
detik-detik-aksi-heroik-bripka-oktavianus-tangkap-penjambret-diwarnai-kejar-kejaran-hingga-tabrakan
Dua jambret yang berhasil diamankan Polsek Tenayan Raya. (Sumber: ANTARA/Annisa Firdausi)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

PEKANBARU, KOMPAS.TV - Seorang polisi bernama Bripka Oktavianus Yusbar berhasil menggagalkan aksi penjambretan yang dilakukan dua pria di simpang Arkom, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

Bripka Oktavianus menggagalkan aksi penjambretan itu saat ditugaskan melakukan pengamanan aksi unjuk rasa. Peristiwa heroik yang tersebut terjadi pada Jumat (4/2/2022), sekitar pukul 08.00 WIB.

Baca Juga: Aksi Jambret Telepon Genggam di Siang Bolong Terekam CCTV!

Bripka Oktavianus menjelaskan detik-detik dirinya menghentikan aksi penjambretan tersebut. Berawal ketika dirinya sedang melintas di simpang Arkom. 

Lalu, dari jarak sekitar 50 meter, Bripka Oktavianus melihat ada seorang wanita berteriak ‘maling’. Adalah Nur Habibi wanita yang menjadi korban penjambretan. Ponsel wanita berusia 32 tahun itu dijambret oleh dua pelaku.

Mendengar teriakan maling, Bripka Oktavianus yang sedang mengendarai sepeda motor langsung melakukan pengejaran terhadap kedua pelaku yang juga mengendarai sepeda motor.

"Mereka (jambret) kabur langsung saya kejar," kata Bripka Oktavianus di rumahnya di Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Jumat (4/2/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Terlilit Utang, Pria di Samarinda Nekat Jadi Jambret, Rata-rata Korbannya Ibu Rumah Tangga

Menurut Oktavianus, kedua pelaku saat itu melaju sangat kencang menggunakan sepeda motor matik usai menjambret korbannya. Namun, Oktavianus terus berusaha mengejar pelaku.

Hingga akhirnya, Oktavianus memutuskan menabrak motor pelaku yang ketika itu hendak berbelok meskipun kecepatannya masih sangat kencang.

"Waktu saya nabrak itu sepeda motor pelaku dan saya sangat kencang. Namanya juga penjahat mau kabur pasti kencanglah larinya. Pas saya nabrak itu sambil menendang motor pelaku," ucap Oktavianus.

Ia mengaku tak berpikir dua kali untuk menabrakkan sepeda motornya ke motor pelaku meski nyawa taruhannya. 

Baca Juga: Detik-Detik Wakil Ketua KIP Dijambret Dua Pria Tak Dikenal!

Pada saat menabrak, kedua pelaku langsung tersungkur ke aspal. Begitu pun dengan Oktavianus yang juga terjatuh.

“Satu pelaku dapat ditangkap langsung. Sedangkan satu pelaku lagi masih mencoba kabur. Pelaku yang kabur itu dikejar sama warga dan berhasil ditangkap," kata Oktavianus.

Usai keduanya ditangkap, Oktavianus menuturkan, makin banyak warga yang berdatangan. Sambil mengamankan pelaku, Oktavianus kemudian mengirimkan bukti video penangkapan pelaku jambret kepada Kapolsek Tenayan Raya AKP Manapar Situmeang.

"Saya bilang di video itu mohon ijin komandan saya sedang menangkap tersangka jambret. Mohon bantuannya komandan. Saya juga minta izin tak bisa ikut kegiatan (pengamanan unjuk rasa)," ujar Oktavianus.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x