Kompas TV regional berita daerah

Pertama Kali di Indonesia, Industri Garmen Dalam Lapas

Kompas.tv - 22 Februari 2022, 12:31 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gebrakan dilakukan oleh pihak Lapas Kelas I Kedung Pane Kota Semarang dengan mendirikan industri garmen di dalam lapas. 

Industri garmen ini berbeda dengan industri garmen pada umumnya, karena beroperasi di dalam Lapas Kelas I Kedung Pane Semarang. Gebrakan ini sengaja dilakukan oleh pihak lapas untuk membantu warga binaan agar bisa memperoleh pendapatan meski sedang berada dalam penjara. Selama dalam penjara, mereka diharapkan tetap bisa mendapat penghasilan untuk keluarga mereka di rumah.

Setidaknya ada 50 warga binaan yang ikut gabung menjadi tukang jahit, yang nantinya setiap hari mereka bekerja meski berada di dalam lapas.

Industri garmen dalam lapas ini merupakan terobosan pertama di lingkungan lapas se-Indonesia dengan menggandeng bekerjasama PT Amura Pratama. Warga binaan yang bergabung akan mendapat pelatihan selama satu bulan dan akan mendapat sertifikat dari Balai Latihan Kerja Kota Semarang.

"Tujuannya warga binaan itu menjadi orang-orang yang mempunyai keterampilan yang dapat dihandalkan melalui sertifikasi dan kopetensinya. Selain itu mereka akan mendapatkan penghasilan yang bisa dipergunakan untuk diri sendiri, keluarga dan sebagian dari penghasilnya sesuia dengan aturan 15 persen akan disetor ke negara," ujar Susi Andriany Pohan, Kabid Kegiatan Kerja Lapas Kelas 1 Semarang.

Pelatihan “Three In One” yang diikuti 480 narapidana dibuka oleh Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. Setelah menjalani pelatihan mereka nantinya akan ditempatkan sesuai dengan keahlian  masing-masing.

"Diharpkan mereka setelah keluar dari sini (lapas) bisa menjadi pekerja-pekerja yang mempunyai sertifikasi.Tadi juga sudah disampaikan oleh Pak Kakanwil bahwa ini kegiatan-kegiatan yang tentu mendorong warga binaan di sini bisa menjadi orang yang bisa mandiri, orang yang bisa memberikan nafkah pada keluarga,"  kata Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Saat ini di Lapas Kelas 1 Semarang selain garemen, industri yang sudah dikembangkan diantaranya membuat kursi, batik, sepatu dan budidaya ikan.

#lapaskedungpane #semarang #garmen

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x