Kompas TV regional kesehatan

Jadi Syarat Mudik, Ini Lokasi Vaksin Booster di Solo yang Buka Malam Hari Selama Ramadan

Kompas.tv - 5 April 2022, 22:39 WIB
jadi-syarat-mudik-ini-lokasi-vaksin-booster-di-solo-yang-buka-malam-hari-selama-ramadan
Foto ilustrasi. Vaksin booster di Solo yang buka malam hari, meliputi sentra vaksinasi Graha Wisata Niaga, Klinik Bhayangkara, dan beberapa puskesmas. (Sumber: France24)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV — Pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini dengan sejumlah syarat, salah satunya vaksin booster atau vaksin Covid-19 dosis ketiga.

Guna mendukung kebijakan tersebut dan mendorong angka vaksin booster yang meningkat, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo beserta Polresta Surakarta membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 pada malam hari selama Ramadan.

Selain untuk memfasilitasi masyarakat, pelayanan tersebut dibuka agar capaian vaksinasi booster di Kota Solo bisa meningkat. Per Selasa (5/4/2022) capaian vaksinasi booster di Kota Solo tercatat masih berada di angka 40,22 persen.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendorong masyarakat untuk segera mendapatkan vaksinasi booster. Terutama mereka yang ingin mudik ke Kota Solo.

"Pokoknya kalau mudik harus vaksin dulu, jangan sampai tidak vaksin. Booster lebih aman, kan yo gratis tinggal datang, lima menit cuss rampung," kata Gibran seperti dikutip dari Tribunsolo.com, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga: Aturan Terbaru! Pelaku Perjalanan Dalam Negeri yang Belum Dapat Vaksin Booster Wajib Tes Covid

Berikut ini lokasi vaksin booster di Solo yang buka malam hari:

1. Graha Wisata Niaga

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Solo Siti Wahyuningsih biasa disapa Ning menyatakan pihaknya bakal menggelar vaksinasi booster pada siang dan malam hari.

"Layanan vaksinasi malam digelar pada pukul 19.00 - 21.00 WIB. Itu lokasinya di Gedung Graha Wisata, tapi cuma setiap Senin hingga Kamis," ujar Ning, seperti dilansir TribunSolo.com, Senin (4/4).

Ning menyebut pihaknya menyediakan sebanyak 200 dosis vaksinasi booster untuk masyarakat. Adapun jenis vaksinnya yaitu Moderna, Astrazeneca, dan Sinopharm.

2. Lima Puskesmas di Solo

Selain di Graha Wisata Niaga, Ning menyebut pada Jumat dan Sabtu, vaksinasi booster di malam hari akan dilakukan di puskesmas rawat inap.

Adapun kelima puskesmas rawat inap tersebut antara lain Puskesmas Pajang, Puskesmas Banyuanyar, Puskesmas Stabelan, Puskesmas Sibela, dan Puskesmas Gajahan.

Ning menyampaikan di lima puskesmas rawat inap tersebut disediakan masing-masing 200 dosis vaksinasi Covid-19 booster.

3. Klinik Bhayangkara

Polresta Solo juga menggelar vaksinasi booster malam hari selama bulan Ramadan. Pelayanan vaksin booster setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 19.30-21.00 WIB di Klinik Bhayangkara Jalan Slamet Riyadi, Solo.

"Vaksinasi untuk malam hari ini tidak ada batasan kuotanya, yang dibatasi hanya jam pelayanannya," ujar Kasi Humas Polresta Solo AKP Umi Supriati, Selasa (5/4).

Untuk syarat-syaratnya yakni membawa fotokopi KTP (bebas domisili), dalam kondisi sehat dan tidak dalam perawatan Covid-19, berumur di atas 18 tahun.

Syarat lainnya yakni membawa bukti atau kartu vaksin dosis kedua. Jarak antara dosis kedua dengan booster minimal tiga bulan.

"Untuk jenis vaksin yang digunakan yakni Moderna dan AstraZeneca," ujar dia.

Meski membuka pelayanan vaksinasi malam hari, untuk vaksinasi siang hari tetap berjalan seperti biasanya. Yakni Senin-Jumat mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB.

Baca Juga: Kapolri Minta Masyarakat Ikut Vaksin Booster, Diperkirakan 80 Juta Bakal Mudik di Lebaran 2022




Sumber : Kompas TV/TribunSolo


BERITA LAINNYA



Close Ads x