Kompas TV regional berita daerah

Suvenir G20 Bali Pusaka Keris Buatan Empu dari Desa Aeng Tong-tong Sumenep

Kompas.tv - 26 Mei 2022, 15:23 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SUMENEP, KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memesan 20 keris ke sejumlah empu di Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Pusaka keris itu akan dijadikan souvenir untuk delegasi dari 20 negara yang mengikuti G20 di Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Desa Aeng Tong-Tong, Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep, pada Selasa (24/5/2022) siang. Kedatangan Sandiaga ke Kota Keris itu untuk memesan 20 pusaka keris buatan para empu di Desa Aeng Tong-Tong.

Baca Juga: Keris akan Menjadi Suvenir Perhelatan G20 di Bali

Sandiaga Uno juga berkesempatan menempa keris bersama satu-satunya empu keris perempuan, yakni Ika Arista. Sandiaga Uno juga melihat secara langsung para empu membentuk dan memahat keris hingga menjadi pusaka bernilai tinggi.

20 pusaka keris yang dipesan akan dijadikan souvenir untuk para delegasi dari 20 negara yang mengikuti G20 di Bali. Souvenir keris dipilih karena keris telah diakui sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada tahun 2008.

Baca Juga: Yuk! Intip 3 Objek Wisata Menakjubkan di Nusa Dua Bali, Lokasi Presidensi G20 Indonesia

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menyambut baik langkah Sandiaga Uno yang menjadikan pusaka keris dari Desa Aeng Tong-Tong sebagai souvenir dalam perhelatan G20.

Kota Keris Desa Aeng Tong-Tong terpilih dalam 50 besar anugerah desa wisata yang digelar oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bahkan Desa Aeng Tong-Tong menjadi desa pertama yang dikunjungi oleh Menparekraf, Sandiaga Uno.

 

#Keris #Pusaka #Suvenir #G20Bali



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x