Kompas TV regional peristiwa

Siap Terbang Pertama ke Tanah Suci, Ratusan Calon Jemaah Haji Asal Pati Tiba di Embarkasi Solo

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 12:53 WIB
siap-terbang-pertama-ke-tanah-suci-ratusan-calon-jemaah-haji-asal-pati-tiba-di-embarkasi-solo
Ratusan jemaah calon haji asal Kabupaten Pati kloter pertama telah masuk di Embarkasi Solo Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jumat (3/6/2022) (Sumber: Kompas TV/Nanik Hastuti)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Sebanyak 356 Jemaah Calon Haji (JCH) Kelompok Terbang (Kloter) 1 asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah, telah masuk di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (3/6/2022) pagi.

Ratusan jemaah tersebut tiba di Embarkasi Solo pada pukul 07.30 WIB.

Mereka merupakan bagian dari kloter pertama yang diketahui akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada Sabtu (4/6) dini hari nanti tepatnya pukul 00.30 WIB dari Bandara Adi Sumarmo.

"Alhamdulillah dari Embarkasi Solo dapat saya sampaikan bahwa pemberangkatan haji pada Tahun 1443 Hijriah ini sudah dimulai. Pagi ini kloter 1 sudah datang pada pukul 07.30 WIB di embarkasi," kata Kepala Kanwil Kemenag Jateng Musta'in Ahmad, Jumat (3/6).

Berdasarkan pantauan Jurnalis Kompas TV Nanik Hastuti, pagi tadi sekitar pukul 07.30 WIB, ratusan jemaah calon haji dari Kabupaten Pati terlihat turun dari bus dan menuju Aula Gedung Jeddah.

Mereka disambut langsung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan menjalani serangkaian kegiatan, mulai dari pengecekan dokumen hingga menjalani pemeriksaan kesehatan.

Nantinya, ratusan jemaah calon haji akan beristirahat di Gedung Mekkah. Adapun pembagian living cost, gelang, dan paspor akan dilakukan sore hari bersamaan dengan pembekalan.

Baca Juga: Pastikan Kesehatan Jemaah Haji di Tanah Suci, Kemenkes Monitor dengan Gelang dan Aplikasi Telejemaah

Sementara itu, berdasarkan data yang dirilis Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Tengah (Kemenag Kanwil Jateng) pada hari ini, Jumat (3/6) akan ada dua kloter jemaah calon haji yang akan tiba di Embarkasi Solo.

Dua kloter tersebut berasal Kabupaten Pati dan Jepara. Kloter pertama dari Kabupaten Pati berjumlah 356 orang. Sedangkan kloter dua, merupakan campuran dari dua daerah, yakni Kabupaten Pati dan Kabupaten Jepara.

Untuk diketahui, sebelum berangkat ke bandara, mereka dijadwalkan akan dilepas oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo pada pukul 21.00 WIB.

Lima embarkasi haji

Tak hanya Embarkasi Solo, mengutip data Kementerian Agama, ada 4 embarkasi lain yang dijadwalkan akan memberangkatkan jemaah calon haji ke Tanah Suci untuk pertama kalinya.

Lima embarkasi tersebut di antaranya Embarkasi Padang, Solo, Surabaya, Jakarta-Pondok Gede dan Jakarta-Bekasi.

Baca Juga: Kemenkes Pastikan 95,7 Persen Calon Jemaah Penuhi Syarat Berangkat Haji



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x