Kompas TV regional berita daerah

UIN Jember dan Kemenag RI Terjemahkan Alquran ke Dalam Bahasa Osing

Kompas.tv - 7 Juli 2022, 10:24 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember beserta Kementrian Agama RI menerjemahkan Alquran ke dalam bahasa daerah, yakni bahasa osing atau bahas suku using yang ada di Banyuwangi Jawa Timur.

Penerjemahan itu melibatkan Ahli Bahasa Arab dan Ahli Tafsir Alquran dari Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora UIN Khas Jember beserta Balitbang Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia.

Penerjemahan telah melewati tahap validasi dan validasi dilakukan di Kabupaten Banyuwangi selama beberapa hari.

Baca Juga: Kreatif! Guru Ngaji Ciptakan Aplikasi E-Tilawah, Permudah Belajar Seni Melantunkan Alquran

Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora, Khusnal Amal mengatakan bahwa validasi dilakukan dalam 2 tahap dengan melibatkan validator dan penerjemah dari ahli bahasa osing.

Untuk tahap pertama, validasi dilakukan mulai juz 1 hingga 15 dan tahap kedua mulai juz 16 hingga 30. Setelah dilakukan validasi, selanjutnya akan dilakukan pentashihan oleh Lajnah Pentashih Mushaf Alquran.

Penerjemahan Alquran ke dalam bahasa osing sudah dilakukan sejak tahun 2018, namun sempat terkendala pandemi covid-19.

Rektor UIN KHAS Jember, Babun Suharto berharap penerjemahan Alquran ke dalam bahasa osing dapat diselesaikan akhir tahun 2022 dan dapat diluncurkan bertepatan dengan hari santri.

 

#Alquran #TerjemahanAlquran #PenerjemahanAlquran #BahasaDaerah #BahasaUsing #Banyuwangi #SukuUsing #UINKHASJember #KemenagRI




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x