Kompas TV regional berita daerah

Monumen Ketenangan Jiwa di Semarang yang Terabaikan

Kompas.tv - 29 Agustus 2022, 14:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ada banyak cara untuk mempelajari sejarah, salah satunya seperti berkunjung ke monumen. Di Kota Semarang, Jawa Tengah, ada sebuah monumen yang jarang diketahui oleh masyarakat bernama monumen Ketengan Jiwa. Selain karena lokasinya yang jauh, tak banyak teks sejarah yang menulis tentang kisah korban pembantaian ratusan sipil Jepang.

Monumen Ketenangan Jiwa terletak di samping muara Sungai Banjir Kanal Barat atau dekat Pantai Baruna Kota Semarang. Lokasinya yang jauh dari permukiman membuat monumen Ketenangan Jiwa terkesan sunyi.

Meskipun monumen ini tidak memiliki ikatan emosional secara langsung dengan warga Kota Semarang, setidaknya monumen ini menjadi perspektif lain dibalik peristiwa pertempuran lima hari di Semarang. Dan monumen ini penting untuk diketahui masyarakat sekarang, mengenai kekejaman perang. Banyak korban yang timbul dari perang kemerdekaan Indonesia, tak hanya dari warga pribumi namun juga warga asing seperti Jepang.

Sore hari adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke monumen Ketengan Jiwa. Suasananya yang sunyi dan matahari sore yang hangat seolah mengajak kita merenungkan kembali apa makna kemerdekaan dan kemanusiaan.

#semarang #sejarah #monumen

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x