Kompas TV regional berita daerah

119 Mahasiswa Luar Jawa Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Kompas.tv - 12 September 2022, 15:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dari 244 peminat dalam pertukaran mahasiswa merdeka dalam negeri, ada 119 mahasiswa yang lolos seleksi dan diterima kuliah di Universitas PGRI Semarang (Upgris). Sebanyak 199 mahasiswa ini, berasal dari 35 perguruan tinggi dari luar Jawa seperti Universitas Tadulako Palu Sulawesi Tengah, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Makasar, Universitas Jambi dan universitas lainnya.

Ratusan mahasiswa dari luar Jawa ini akan menempuh belajar di Upgris Semarang selama satu semester. Mereka paling sedikit mengambil 10 SKS ditambah 4 SKS modul nusantara, yang merupakan program pemerintah untuk memupuk semangat kebhinekaan antar mahasiswa.

"Mahasiswa dari luar Jawa itu mesti dikolaborasikan, dalam berbagai kegiatan dengan mahasiswa asli dari Universitas PGRI Semarang. Agar tujuan mereka bersama atau menjalin kebersamaan dengan mahasiswa lain di seluruh nusantara ini terwujud. Jangan sampai mereka menyendiri," jelas Sri Suciati, Rektor Upgris.

"Ikut seleksi pertukaran mahasiswa yang kedua, baru sekali mengikuti dan alhamdulillah lolos dalam seleksi ini. Semoga kedepannya berjalan dengan lancar, di sini betah, dengan dosen-dosennya juga baik," jelas Lia Rahmawati, mahasiswa Lampung.

Melalui kegiatan modul nusantara, mahasiswa dapat mengeksplorasi keberagaman yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu kebhinekaan, inspirasi, refleksi dan kontribusi sosial.

#upgris #pertukaranmahasiswa #nusantara



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x