Kompas TV regional berita daerah

Kasus Gangguan Ginjal Akut Meningkat, Apotek Hentikan Penjualan Obat Sirup

Kompas.tv - 24 Oktober 2022, 17:06 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Dinas kesehatan kota Blitar ini melakukan sidak ke sejumlah apotek di kota Blitar. Sidak ini sengaja dilakukan untuk memastikan ada tidaknya penjualan obat sirup atau cair, di tengah melonjaknya kasus gagal ginjal akut pada anak.

Hasilnya, seluruh apotek di kota Blitar telah menghentikan penjualan obat sirup untuk anak maupun dewasa. Langkah itu sengaja diambil oleh pihak apotek, untuk mencegah terus meningkatnya kasus gagal ginjal akut.

Menurut pihak apotek, selama ini obat sirup atau cair merupakan salah satu obat yang paling dicari warga. Kini setelah obat sirup ditarik, para pasien diberikan obat tablet maupun obat pengganti yang lainnya.

Meski penjualannya menurun, namun bagi pihak apotek keselamatan jiwa tetap yang utama. Sehingga selama pemerintah masih melarang penjualan obat sirup, mereka juga tetap akan mengikuti aturan tersebut.

Meski kota Blitar belum terdapat kasus gagal ginjal akut, namun Dinas Kesehatan akan terus melakukan pengawasan terhadap peredaran obat. Pihak orang tua juga diimbau agar tidak membeli obat bebas jika anaknya mengalami sakit.

#blitar #gagalginjal #gangguanginjalakut #kesehatan #beritakediri



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x