Kompas TV regional berita daerah

Japesda Ajak Pemda Berkolaborasi Kelola Konservasi Gurita

Kompas.tv - 3 November 2022, 09:40 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - Untuk meningkatkan penghasilan nelayan gurita di Desa Torsiaje, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, Japesda Gorontalo menggelar fokus grup diskusi di salah satu hotel di Kota Gorontalo pada Selasa siang.

Fokus grup diskusi bertema tata kelola berkelanjutan melalui perikanan gurita berbasis masyarakat ini dihadiri langsung oleh sejumlah nelayan gurita dan instansi terkait.

Direktur jaringan advokasi pengelolaan sumber daya alam Nurain Lapolo menyebut, kegiatan ini digelar untuk mengajak kepada Pemerintah Daerah berkolaborasi mendukung nelayan dalam pengelolaan nelayan gurita yang saat ini sudah menjadi sumber penghasilan nelayan di Torsiaje Kabupaten Pohuwato.

Sementara itu, Kepala Desa Torsiaje Uten Saerullah mengungkapkan, untuk mendukung nelayan dalam pengelolaan gurita, Pemerintah Desa akan mengeluarkan aturan melalui rancangan  peraturan desa atau Ranperdes.

Penangkapan gurita oleh nelayan di Desa Torsiaje hingga kini menjadi salah satu sumber penghasilan untuk menopang perekonomian nelayan setempat.

Namun penangkapan gurita tak beraturan sehingga menyebabkan populasi gurita terus berkurang, upaya itu terus di cegah oleh japesda dengan menerapkan sistem konservasi.

 

 

#japesda

#pemda

#puhuwato

#nelayan

#desatorsiaje




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x