Kompas TV regional peristiwa

Aneka Perayaan Hari Pahlawan: Ada Bikin SIM Gratis hingga Pengendara Heningkan Cipta di Jalan

Kompas.tv - 10 November 2022, 15:20 WIB
aneka-perayaan-hari-pahlawan-ada-bikin-sim-gratis-hingga-pengendara-heningkan-cipta-di-jalan
Peringatan hari Pahlawan di Sumbar melibatkan pengendara di jalan raya. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

PADANG, KOMPAS.TV –  Berbagai macam cara warga dilakukan saat Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022. Seperti hari ini, Kamis (10/11) di Sumatera Barat diperingati dengan melibatkan pengendara yang sedang melintas di jalan raya untuk mengheningkan cipta mendoakan para pahlawan.

Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya menjelaskan, peringatan Hari Pahlawan yang melibatkan masyarakat itu diperingati di perempatan Masjid Raya Kota Padang, Sumbar.

"Biasanya peringatan Hari Pahlawan difokuskan di perkantoran. Tahun ini kita mencoba melibatkan pengendara di jalan raya sehingga gezahnya di tengah masyarakat menjadi lebih luas lagi," tuturnya di Padang, Kamis (10/11), dikutip dari Antara.

Ratusan orang pengendara yang sedang berhenti di lampu rambu lalu lintas di perempatan tersebut diajak untuk ikut mengheningkan cipta sejenak mengenang jasa pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Para pengendara roda dua dan roda empat secara spontan turun dari kendaraan. Mereka berdiri bersama mengirimkan doa bagi arwah pahlawan yang dipimpin oleh Wali Kota Padang di dampingi Dirlantas Polda Sumbar, Dandim 032 Padang, Kapolres Padang dan sejumlah pejabat.

Baca Juga: Peringatan Hari Pahlawan, Jokowi Sampaikan Pesan Lewat Cuitannya

Hilman menyebut, peringatan di jalan raya itu tidak hanya digelar di Kota Padang tetapi juga di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

"Kita akan evaluasi kegiatan ini. Jika dirasakan manfaatnya, akan kita jadikan sebagai salah satu agenda rutin tahunan," ungkapnya

Wali Kota Padang Hendri Septa  menuturkan, kegiatan itu adalah salah satu upaya melibatkan langsung seluruh warga untuk mengingat dan menghargai jasa pahlawan.

"Kita kirimkan doa bagi arwah para pahlawan karena dengan perjuangan dan pengorbanan merekalah generasi saat ini bisa menikmati kemerdekaan," ungkapnya.


 

Ia juga mengajak warga Kota Padang terutama generasi muda untuk terus mempedomani semangat juang para pahlawan dalam membangun bangsa dan negara Indonesia.

Bikin SIM gratis di Bogor

Lain halnya di Kabupaten Bogor. Satlantas Polres Bogor memberikan layanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) secara gratis dalam rangka peringatan Hari Pahlawan. Pembuatan SIM gratis ini diberikan kepada masyarakat yang lahir pada tanggal 10 November.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata menuturkan, dalam pembuatan sim kali ini, bagi masyarakat yang lahir bertepatan dengan hari pahlawan dilakukan secara gratis.

Baca Juga: 20 Link Twibbon dan Ucapan Hari Pahlawan Nasional 10 November 2022

“Hal ini merupakan apresiasi dari petugas lantas bersama pihak bank yang mengratiskan biaya penghasilan negara bukan pajak atau PNBP,” jelasnya, Kamis (10/11) seperti dikutip dari laporan jurnalis Kompas TV.

Adapun bertepatan dengan Hari Pahlawan ini, petugas Satlantas Polres Bogor mengenakan pakaian veteran layaknya seperti pejuang. Kegiatan ini pun mendapatkan respon positif dari warga yang berulang tahun pada hari ini.

Petugas juga melakukan mengheningkan cipta ntuk para pahlawan yang telah gugur bersama para pengendara di Ruas Simpang Pemda jalan raya Jakarta Bogor.




Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x