Kompas TV regional berita daerah

Lestarikan Bahasa Daerah Melalui Lomba Tutur Cerita Rakyat

Kompas.tv - 11 November 2022, 15:15 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MINAHASA, KOMPAS.TV- Sebuah sanggar budaya di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara menggelar lomba tutur cerita rakyat. Lomba yang diikuti pelajar SD dan SMP ini bertujuan melestarikan bahasa daerah yang kini mulai dilupakan generasi muda.

Dalam lomba ini, para peserta menuturkan cerita rakyat menggunakan bahasa Tombulu atau bahasa yang dipakai oleh warga suku Minahasa.

Karena lomba ini masih dalam tahap penjajakan, panitia memperbolehkan peserta membaca teks dari berbagai cerita rakyat Minahasa.

Kriteria penilaian lomba adalah kemampuan peserta mengekspresikan diri menuturkan cerita rakyat, mulai dari intonasi hingga kelantangan suara.

Lomba tutur cerita rakyat merupakan upaya para pecinta budaya untuk melestarikan penggunaan bahasa daerah khususnya di Minahasa yang kini mulai tergerus kemajuan zaman.

Sementar, Pemerintah Desa setempat mengusulkan agar Pemkab Minahasa memasukkan bahasa Tombulu dalam kurikulum pendidikan.

Ke depannya, lomba tutur cerita rakyat akan digelar dalam skala yang lebih luas, sehingga diharapkan penggunaan bahasa daerah di kalangan generasi muda bisa dilestarikan.

Yongke Londa Kompas tv Minahasa

 

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x