Kompas TV regional berita daerah

PTAR Akan Laksanakan Operasi Katarak Putaran Terakhir Pada 23 November 2022 di RS Mencirim 77

Kompas.tv - 18 November 2022, 17:09 WIB
Penulis : KompasTV Medan

ADVERTORIAL - PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe, menggelar operasi katarak gratis di Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Operasi mata gratis ini telah menjadi agenda tahunan PTAR sejak Tahun 2011.

Sebelum operasi katarak dimulai, PTAR mengadakan Pekan Informasi dan Kesehatan Mata pada 12 September 2022 di Sopo Daganak, Batangtoru, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam menekan prevalensi buta katarak.

Hasil Survei Kebutaan Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RABB) tahun 2014-2016 menunjukkan bahwa prevalensi kebutaan di lndonesia mencapai 3%. Sebanyak 77,7% penyebab utama kebutaan dan gangguan penglihatan terbesar adalah katarak yang tidak dioperasi. Sementara, prevalensi kebutaan akibat katarak di Indonesia 1,9%. Di Sumatera Utara, hampir 80% kebutaan pada penduduk usia 50 tahun ke atas disebabkan katarak yang tidak dioperasi. 

Operasi katarak gratis yang dilaksanakan PTAR pada tahun ini digelar 4 putaran di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara di Kecamatan Batangtoru, Tapanuli Selatan, dan 3 putaran di RS Mencirim 77 Medan. 

Sebagian besar pasien yang mengikuti operasi katarak gratis di RS Bhayangkara Batangtoru, berasal dari Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, yang menjadi lokasi Tambang Emas Martabe yang dikelola oleh PTAR.

Selain dari wilayah Tapanuli Selatan, juga ada dari Kota Padangsidempuan, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Padang Lawas, bahkan ada pula pasien yang berasal dari Kepulauan Nias.

Untuk pelaksanaan operasi katarak gratis di RS Mencirim 77 Medan, pasien berasal dari Kabupaten Langkat, Deli Serdang, dan Kota Medan. 

Melalui program operasi katarak gratis yang menjadi agenda tahunan PTAR, diharapkan dapat membantu meningkatkan kemandirian masyarakat. Sebab, terbebas dari buta katarak, dapat meningkatkan kualitas hidup dengan lebih produktif.

Berikutnya, untuk putaran terakhir, PTAR akan melaksanakan operasi katarak gratis di RS Mencirim 77 Medan pada 23 November 2022. (*)




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x