Kompas TV regional berita daerah

Semarak Tajemtra 2022, Libatkan Ratusan UMKM di Sepanjang Jalan Tanggul - Jember (2)

Kompas.tv - 11 Desember 2022, 09:20 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Gerak Jalan Tanggul Jember Tradisional (Tajemtra) kembali digelar oleh Pemerintah Kabupaten Jember Jawa TImur. Kali ini, event tahunan itu akan digelar pada 17 Desember 2022 atau dua pekan menjelang Hari Jadi Kabupaten Jember ke 94. 

Panitia penyelenggara melibatkan ratusan pelaku UMKM dengan menyediakan 700 stan UMKM yang tersebar di sepanjang jalur gerak jalan Tajemtra. “Sapanjang jalan Tanggul – Jember harus ada UMKM, (kira-kira) ada 600 – 700 UMKM, kami akan mendirikan stan di 30 kilometer jalur Tajem,” ujar Bupati Jember, Hendy Siswanto, pada program Sapa Jember di KompasTV Jember, pada Sabtu (10/12/2022).

Hendy Siswanto menegaskan bahwa pelaku UMKM dilibatkan karena Pemkab Jember ingin berkontribusi kepada UMKM. “Wes wayahe saya bayar hutang ke UMKM, wes wayah Pemkab Jember meningkatkan kelas UMKM. (karena) kemarin 2 tahun covid, semua pada pusing, UMKM juga pusing,” ujar Hendy Siswanto.

Bupati juga meminta kepada seluruh Camat, Kepala Desa dan Lurah untuk membuat kegiatan panggung seni budaya di setiap gang atau jalan perkampungan yang terhubung dengan jalur gerak jalan Tanggul Jember. Panitia sendiri akan mendirikan 5 panggung besar yang tersebar di 5 titik.

Selain untuk menghibur peserta dan masyarakat sekitar, panggung seni budaya juga untuk mengumpulkan orang sebanyak-banyaknya agar berdampak positif pada pelaku UMKM.

Bupati meminta seluruh warga Jember untuk ikut Tajem. “Siapa saja yang mengais rezeki di Jember, ayuk keluar (ikut tajem). Ayuk kita tunjukkan lagi, Tajemtra ini dapat menekan inflasi seperti sebelumnya. Ekonomi kedepan tidak baik-baik saja, tapi kita yakin Jember bisa berdiri di kaki sendiri dengan menaikan ekonomi grassroots atau UMKM,” pinta Hendy. 

Baca Juga: Semarak Tajemtra 2022, Digelar Jelang Hari Jadi Kabupaten Jember ke 94 (1)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x