Kompas TV regional berita daerah

Pertambahan & Pergeseran Kursi Di Bali Jelang Pemilu 2024

Kompas.tv - 12 Desember 2022, 14:20 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Pemilu 2024 yang akan digelar 14 Februari 2024,  prosesnya saat ini sedang berlangsung. Di Provinsi Bali, selain penetapan jumlah partai politik pemilu, pendataan daerah pemilihan juga sudah dilaksanakan. Sehingga ditemukan ada 2 kabupaten yakni Badung dan Gianyar yang mendapat penambahan kursi.

Kabupaten Badung dan Gianyar yang sebelumnya sebanyak 40 orang pada pemilu 2024 bertambah masing-masing menjadi 45 orang.

Sedangkan Kabupaten Klungkung Bali, dengan jumlah kursi 30, tahun 2024 kursinya tetap, akan tetapi terjadi pergeseran satu kursi dari dapil Kecamatan Banjarangkan yang sebelumnya 7 kursi berkurang menjadi 6 kursi. Sedangkan Pulau Nusa Penida sebelumnya 8 kursi kini akan bertambah menjadi 9 kursi.

Menurut Ketua KPUD Propinsi Bali, Dewa Agung Lidartawan saat sosialisasi rancangan penataan daerah pemilihan anggota DPRD kabupaten di Kabupaten Klungkung mengatakan, pertambahan dan pergeseran tersebut berdasarkan agresi kependudukan perkecamatan. Jika penduduknya bertambah sesuai aturannya akan ditambah kursinya, demikian juga jika berkurang pendudukanya bisa berkurang dan ada penambahan pada kecamatan lain jika ada pertambahan penduduk.

Menanggapi pergeseran kursi di DPRD Klungkung ini, Ketua KPUD Klungkung, I Gusti Lanang Mega Saskara mengatakan, keputusan pergeseran tergantung dari jumlah penduduknya yang diputuskan oleh KPU RI, sedangkan dari kabupaten hanya meneruskan data sesuai dengan daerah pemilihan.

Proses pergeseran kursi di Klungkung ini hingga kini masih menjadi perdebatan, utamanya dari kalangan partai politik di Kabupaten Klungkung Bali.

 

 

 

 

 

 

 

#KPUbali   #KPUklungkung     #pemilu2024



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x