Kompas TV regional berita daerah

Ikuti Puncak Peringatan Hari HAM, Kakanwil Kemenkumham Sulsel Komitmen Tingkatkan Pemajuan HAM Di S

Kompas.tv - 13 Desember 2022, 18:56 WIB
ikuti-puncak-peringatan-hari-ham-kakanwil-kemenkumham-sulsel-komitmen-tingkatkan-pemajuan-ham-di-s
Puncak Hari HAM ini dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Maruf Amin (Sumber: Kanwilkumham sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) dalam mewujudkan Indonesia Maju terus berkomitmem meningkatkan dukungan pemajuan Hak Asasi Manusia (HAM) secara konsisten kepada Setiap Orang. 

Dukungan atas pemanuan HAM ini disampaikan Kakanwil Liberti Sitinjak disela - sela keikutsertaannya dalam acara Puncak Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2022 di The Sultan Hotel dan Residence Jakarta, Senin (12/12). 

Dalam memimpin Kanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak senantiasa mendorong jajarannya untuk bersinegi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan Lembaga lainnya dalam memberikan dan meningkatkan pemajuan HAM bagi masyarakat Sulawesi Selatan.

Adapun puncak Hari HAM ini dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma'ruf Amin sekaligus memberikan penghargaan kepada Instansi yang Responsif terhadap isu HAM Global,Terhadap Tindak Lanjut Rekomendasi Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM, Pelaksanaan Pelayanan Publik Berbasis HAM, dan Pembinaan Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM.

"Peringatan hari HAM ini sebagai momentum untuk merefleksi pemajuan dan perlindungan HAM yang ada di Indonesia. Penghormatan HAM merupakan cita-cita bangsa Indonesia yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang tujuannya harus mampu menghormati Hak-hak warga negaranya," Ungkap Ma'ruf Amin dalam Sambutannya. 

Wakil Presiden juga menyebut bahwa, saat ini, indonesia sedang berjuang untuk pulih dan bangkit menjadi bangsa yang kuat serta melakukan pemulihan ekonomi yang kondusif. "Pada hakikatnya pemulihan dan pembangunan yang ingin realisasikan di indonesia untuk memenuhi kebutuhan hak hak dasar manusia dan melindungi hak-hak bagi masyarakat miskin," Ujar Ma'ruf. 

Pada hari HAM ini, Wapres Ma'ruf mengajak semua elemen untuk memperhatikan beberap hal. Pertama, menempatkan kebijakan dan menegakkan kesetaraan bagi semua orang tanpa terkecuali. Kadua, Menegakkan nilai dan praktek toleransi, modernisasi dan kesetiakawanan sesama warga, dan Ketiga, keseimbangan antara HAM dan Kewajiban manusi dengan menerapkan konsep ham dalam konteks kebangsaan. 

Pada kesempatan ini, Ma'ruf mengucapkan selamat dan apresiasi kepada lembaga negara yang meraih penghargaan sebagai Kabupaten Kota/Peduli HAM. 

Sebelumnya, Menkumham, Yasonna H. Laoly dalam sambutannya mengungkapkab bahwa untuk memastikan HAM betul-betul dinikmati oleh setiap warga negara dan sebagai perwujudan dari pengejawantahan pembangunan berbasis HAM, Kementerian Hukum dan HAM sedang menginisiasi Indeks  Pembangunan HAM Indonesia. 

"Indeks ini diproyeksikan menjadi instrumen pengukuran objektif situasi P5HAM di Indonesia, sekaligus menjadi pusat sumber untuk menyusun kebijakan HAM berbasis bukti. Dengan target penyelesaian pada tahun 2024, kami mengharapkan dukungan dan sokongan dari berbagai pihak dalam proses pembangunannya, dengan harapan pengukuran HAM berbasis bukti dapat berkontribusi pada penguatan regulasi dan kebijakan di Indonesia pada masa yang akan datang," Kata Menkumham. 

Menurut Yasonna, Peringatan Hari HAM Sedunia tahun 2022, yang mengusung tema “Pemajuan Hak Asasi Manusia Untuk Setiap Orang menuju Indonesia Maju memastikan pembangunan yang tidak meninggalkan siapapun atau “No one left behind.” Hal ini dimulai dari penguatan sistem pendataan kelompok rentan dan marjinal sebagai basis kebijakan afirmasi, penggeser perspektif charity menjadi pendekatan berbasis HAM, serta memastikan setiap kelompok rentan dan marjinal menikmati kualitas tertinggi hak asasi manusia. 

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Kepala Kantor Wilayah dan Kadiv Yankumham Kemenkumham se-Indonesia, Gunernur dan Bupati penerima Penghargaan dari Kemenkumham.


#puncakhariHAM
#marufamin
#WAPRES



Sumber : Kompas TV Makassar



BERITA LAINNYA



Close Ads x