Kompas TV regional gaya hidup

Bagaimana Pandangan terhadap Ibu Rumah Tangga yang Berkarier?

Kompas.tv - 15 Desember 2022, 14:00 WIB
bagaimana-pandangan-terhadap-ibu-rumah-tangga-yang-berkarier
Working Moms masih mendapat stigma negatif dari masyarakat. (Sumber: Freepik/tirachardz)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Semakin tingginya kesetaraan gender membuat perempuan semakin bebas menentukan pilihan hidupnya, termasuk dalam keputusan karier. Hal inilah yang membuat banyak perempuan, khususnya yang sudah menikah, mempunyai beban ganda.

Beban ganda ini terjadi karena adanya dua peran yang harus dilakoni secara bersamaan, yaitu ibu rumah tangga dengan mengurus keluarga dan karyawan yang harus berhadapan dengan urusan kantor. Tak jarang, para perempuan pun merasa tertekan hingga stres.

Hal ini disampaikan pula oleh Elrica Sofridia dan Mandy Purwahartono, Podcaster She Talks About, dalam siniar Obrolan Meja Makan bertajuk “Karier atau Ibu Rumah Tangga, Haruskah Moms Memilih?” yang dapat diakses melalui dik.si/OMM_KarierIRT.

Menurut Elrica dan Mandy, adanya dua peran ini dipengaruhi oleh berbagai faktor. Akan tetapi, di masa pandemi ini faktor ekonomi yang berpengaruh besar sebab keuangan keluarga cenderung terpengaruh. Hal itulah yang akhirnya membuat banyak perempuan turut membantu perekonomian keluarga.

Stigma terhadap Working Moms

Sejak zaman dulu sudah banyak perempuan yang juga bekerja. Sayangnya, stigma di masyarakat masih beredar kalau working moms tidak punya waktu untuk mengurusi anak. Padahal, yang sebenarnya terjadi adalah beban kerja perempuan jadi bertambah.

Baca Juga: Pentingnya Melatih Anak Menjadi Si Pemberani

Setelah bekerja di kantor, mereka juga harus bekerja di rumah, yaitu mengurus anak dan pekerjaan rumah lainnya yang terbengkalai. “Mikirin mau makan apa, urusan si mbak. Justru, menurutku working moms itu punya double peran yang gak mudah,” tekan Mandy.

Working Moms Memengaruhi Keharmonisan Keluarga?

Selain tidak mampu mengurus anak, working moms kerap dianggap merusak keharmonisan rumah tangga. Namun, Elrica dan Mandy membantah ini. Menurut mereka, selama kedua pasangan masih bisa menciptakan quality time hal ini tidak akan terjadi.

Bahkan, jika perlu, obrolan seputar karier ini seharusnya sudah didiskusikan sejak sebelum menikah. Pasalnya, ada beberapa laki-laki yang tak mengizinkan pasangannya untuk bekerja setelah menikah nanti.

Itu sebabnya, komunikasi adalah kunci penting dari kesuksesan pasangan yang sama-sama bekerja. Apabila kesulitan dalam mengurus rumah tangga, sebaiknya moms mendiskusikannya dengan pasangan.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x