Kompas TV regional update

Bupati Sukoharjo Keberatan dengan Rencana Pembangunan Tol Lingkar Solo: Kalau Bisa Ring Road

Kompas.tv - 4 Januari 2023, 13:50 WIB
bupati-sukoharjo-keberatan-dengan-rencana-pembangunan-tol-lingkar-solo-kalau-bisa-ring-road
Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyatakan keberatannya atas rencana pembangunan jalan tol Lingkar Timur-Selatan Solo di Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (4/1/2023). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyatakan keberatannya atas rencana pembangunan jalan tol Lingkar Timur-Selatan Solo.

Pasalnya, ia mengatakan akan banyak Lahan Sawah yang Dilindungi (LSD) terkena dampak apabila jalan bebas hambatan itu dibangun.

"Terus terang saya Bupati Sukoharjo bukan menolak, tapi saya keberatan dengan adanya tol ini karena akan mengganggu. LSD kita banyak sekali," kata Etik di Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (4/1/2023) dilansir dari Kompas.com.

Area persawahan atau LSD yang akan terdampak rencana pembangunan jalan tol Lingkar Timur-Selatan Solo tersebar di beberapa kecamatan, di antaranya Gatak, Mojolaban, Grogol, Bendosari, dan Nguter.

"Dampaknya banyak dari kecamatan Gatak, Mojolaban, Grogol, Bendosari, Nguter itu semuanya hampir LSD-nya kena semua," ujarnya.

Selain itu, Etik khawatir perkembangan kotanya, yang merupakan penyangga pangan di Provinsi Jawa Tengah, juga akan terhambat.

Baca Juga: Gibran soal 2 Bupati Soloraya Tolak Pembangunan Tol Lingkar Solo: Nanti Duduk Bareng Dulu

"Kita sebagai penyangga pangan Provinsi Jawa Tengah. Kemudian kalau dibangun tol kami keberatannya nanti untuk pengembangan kota juga terhambat," terang Etik.

Ia pun berharap agar rencana pembangunan jalan tol Lingkar Timur-Selatan Solo diubah menjadi pembangunan jalan ring road atau erteri.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x