Kompas TV regional berita daerah

Lampung Sita Satwa Liar Tertinggi se-Indonesia

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 15:17 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Provinsi Lampung menjadi wilayah dengan penyelundupan satwa liar dilindungi tertinggi se-Indonesia.

Dari 165 kasus penyelundupan satwa liar yang terjadi di tahun 2022, 50 kali kasus penyitaan diantaranya terjadi di Provinsi Lampung dengan jumlah 34.517 satwa disita di 2022 yang didominasi dengan satwa burung liar.

Baca Juga: Pasca Tindak Asusila 6 Santri, Kondisi Ponpes Sepi Aktivitas

Hal ini terjadi lantaran Provinsi Lampung menjadi perlintasan utama upaya penyelundupan satwa liar dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa.

Data ini disampaikan dalam diskusi pemberantasan perdagangan satwa liar pada kamis kemarin.

"Sekarang ini pelabuhan-pelabuhan kecil dimanfaatkan oleh para penyelundup satwa liar dan tidak ada petugas yang berjaga disana," ujar Marison Guciano Direktur Flight Frofecting Indonesia Birds.

Sementara Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad yang turut hadir dalam diskusi menyampaikan perlu adanya sinergi antar otoritas terkait untuk dapat memberantas upaya penyelundupan satwa liar.

"Perlu adanya sinergi tentang bagaimana kita mencegah sekaligus mengupayakan dalam wujud sosialisasi agar semua lapisan masyarakat paham dan bisa melindungi sumber daya alam dan ekosistem," ujar Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad Kabid Humas Polda Lampung.

Kedepannya diharapkan dengan terus dilakukanya pengawasan, maka penyelundupan satwa liar yang memanfaatkan Provinsi Lampung sebagai akses utama ke Pulau Jawa bisa diberantas.

#satwaliar #disita #penyelundupan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x