Kompas TV regional berita daerah

Kota Palu Capai Suhu Tertinggi Di Tahun 2022

Kompas.tv - 12 Januari 2023, 15:39 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

PALU, KOMPAS.TV - Kota palu mencapai suhu tertinggi di sulawesi tengah di tahun 2022 lalu . Bmkg mencatat suhu palu mencapai 30 derajat celsius.
Menurut data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pemantau Atmosfer Global Lore Lindu Bariri, beberapa wilayah di Sulawesi Tengah mengalami cuaca ekstrem. Ada kalanya hujan terjadi dengan intensitas tinggi ada pula musim kemarau dengan suhu tinggi.

Untuk wilayah Sulawesi Tengah, Kota Palu menjadi wilayah dengan capaian suhu tertinggi pada tahun 2022. Saat itu, suhunya mencapai 36 derajat celsius dengan kelembapan rendah. Kota Palu sendiri pernah mencapai suhu tertinggi mencapai 39 derajat celsius pada tahun 2011.

Cuaca ekstrem ini terjadi karena dalam pantauan cuaca, pulau Sulawesi terus dilanda fenomena La Nina dalam tiga tahun terkhir. Curah hujan tinggi mengakibatkan terjadinya banjir dan longsor di beberapa lokasi. Sementara musim kemarau, suhu udara akan terasa lebih panas dari tahun - tahun sebelumnya. hal ini pun menjadi salah satu dampak dari perubahan iklim secara global.


#BMKG
#cuacaekstrim
#gariskhatulistiwa



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x