Kompas TV regional berita daerah

Bebas PPKM, Perayaan Imlek Diprediksi Makin Ramai

Kompas.tv - 18 Januari 2023, 15:12 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Dengan dicabutnya pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM oleh pemerintah pada awal Januari 2023 lalu, umat yang akan melakukan persembahyangan pada perayaan Hari Raya Imlek 2574 yang jatuh nanti pada  Minggu 22 Januari di Griya Kongco Dwipayana Tanah Kilap Denpasar diprediksi akan meningkat.

Peningkatan umat yang datang untuk bersembahyang diungkapkan pengelola Atu Mangku Kongco, Ida Bagus Adnyana, pada Senin (16/1) siang. Dimana  selama 3 tahun belakangan ini dikarenakan adanya pandemi Covid-19, umat datang untuk untuk bersembhayang sangat terbatas dengan adanya aturan PPKM.

Namun kini untuk perayaan  Imlek pada tahun 2023 ini akan dilaksanakan seperti biasanya saat sebelum pandemi, yakni tidak adanya larangan atau batasan untuk umat yang akan melakukan persembahyangan, khususnya di Griya Kongco Dwipayana Tanah Kilap Denpasar.

Di tahun baru Imlek 2574 yang dikenal dengan tahun kelinci air ini, umat juga diharapkan lebih bijaksana, arif dan cerdas dalam membaca situasi agar kedamaian tetap bisa terjaga.

Nantinya rangkaian puncak perayaan Hari Raya Imlek, pada Sabtu 21 januari 2023, tepatnya tengah malam akan dilakukan upacara penutupan tahun, dan dilanjutkan dengan upacara pembukaan Tahun Baru Imlek 2574. Pada hari Minggu puncak hari raya, umat dibebaskan datang bersembahyang mulai pagi hingga malam hari, selain itu juga akan diadakan pementasan barong sai.

Untuk diketahui Griya Kongco Dwipayana Tanah Kilap ini mulai dibangun pada tahun 1987 silam, bangunan kongco yang berdampingan dengan Pura Candi Narmada salah satu tempat ibadah umat Hindu ini terletak di sebelah waduk muara Nusa Dua yang dikenal akan kental toleransi umat beragama.

 

 

 

 

 

 


 

#imlek     #koncodwipayanatanahkilap   #denpasar




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x