Kompas TV regional peristiwa

Evakuasi Helikopter Kapolda Jambi Terhalang Kabut Tebal, Tim Penyelamat Udara Putar Balik

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 11:21 WIB
evakuasi-helikopter-kapolda-jambi-terhalang-kabut-tebal-tim-penyelamat-udara-putar-balik
Tim SAR gabungan melakukan upaya evakuasi rombongan Kapolda Jambi yang melakukan pendaratan darurat di Desa Tamiai, Batang Merangin, Kerinci, Jambi, Minggu (19/2/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAMBI, KOMPAS.TV - Upaya evakuasi helikopter rombongan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono yang diduga terjatuh Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci via jalur udara yang dilakukan Senin (20/2/2023) pagi mengalami kendala.

Situasi menuju titik lokasi jatuhnya helikopter rombongan Polda Jambi berkabut tebal, akibatnya tim evakuasi tidak bisa diterjunkan.

Humas Basarnas Jambi mengatakan helikopter kiriman yang digunakan untuk evakuasi lantas putar balik untuk mengisi bahan bakar minyak.

Lutfi menjelaskan jarak antara lokasi pengisian bahan bakar minyak dengan titik jatuhnya helikopter sekitar 20-30 menit via udara.

Baca Juga: Basarnas: Evakuasi Helikopter Rombongan Kapolda Jambi Tak Bisa via Darat, Medan Curam

"Kita dapat informasi terbaru dari tim yang melakukan evakuasi di udara, ini tadi sekitar pukul 09.00 WIB pagi, heli PK-BST sudah berada di sekitar lokasi kejadian dan terdapat kendala adanya kabut atau awan yang cukup besar," ujar Lutfi dikutip dari Breaking News Kompas TV, Senin.

"Sehingga untuk melakukan penurunan personil itu tidak dapat dilakukan," ujarnya.

Lutfi menambahkan, pihaknya memang sudah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait perkiraan cuaca di wilayah Kerinci.

Menurut BMKG, kata Lutfi, cuaca wilayah tersebut diperkirakan akan berawan tebal hingga sore nanti.


 

"Kami sudah berkoordinasi dengan BMKG terkait cuaca dan memang kendalanya itu mendung dan berkabut kemungkinan akan terjadi sore nanti," ucapnya.

Untuk proses evakuasi via udara, tim penyelamat telah mengerahkan 5 helikopter termasuk dari Basarnas. Helikopter berisi sejumlah dokter spesialis dan perawat untuk melakukan pertolongan bagi penumpang yang luka-luka.

Baca Juga: Beredar Video Kondisi Helikopter Kapolda Jambi Diduga Jatuh, Penumpang Cedera

"Jadi nanti tim yang dari udara akan diterjunkan dari heli untuk melakukan penanganan awal," tutur Lutfi.

Meski tim SAR juga menerjunkan tim evakuasi jalur darat, Lutfi berharap penyelamatan via jalur udara bisa berjalan lancar. 

Pasalnya evakuasi hanya bisa dilakukan dari udara. Hal ini karena medan jalur darat tidak memungkinkan untuk dilakukan penyelamatan.

"Berdasarkan informasi sementara, evakuasi dari darat tidak memungkinkan karena medan yang cukup curam," ucapnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x