Kompas TV regional berita daerah

Taman Bustanulsalatin Menyimpan Kenangan Sejarah Panjang Kesultanan Aceh

Kompas.tv - 21 Februari 2023, 22:04 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Bangunan ini dinamai dengan Taman Bustanussalatin. Di bangun oleh Pemerintahan Kota Banda Aceh pasca Tsunami 2004 lalu. Sebelumnya, lokasi ini diberi nama Taman Sari.

Kini kondisinya jauh berbeda, tempat ini menjadi taman bermain serta bersantai bagi warga. Selain itu, tempat ini juga dijadikan sebagai pusat kegiatan hiburan rakyat, maupun kegiatan pemerintahan lainnya.

Lokasi ini digemari sebagai ruang terbuka hijau serta spot tempat bermain yang ramah untuk anak. Hampir setiap sore banyak orang tua yang menghabiskan waktu untuk membawa keluarga dan menjadikan taman itu sebagai lokasi favorit untuk bersantai.

Seperti Farhan, dirinya sering menghabiskan waktu berkunjung kesana untuk mencari inspirasi untuk menulis. Bahkan dirinya mengaku selalu rindu untuk bernostalgia dengan taman ini, karena dirinya sempat pindah keluar kota, kemudian kembali lagi ke Aceh pada 2009 lalu.

Taman ini dikenal dengan Taman Sari semasa Kolonialisme Belanda. Para kompeni menjadikan tempat ini untuk bersantai. Taman Sari ini masuk dalam situs cagar budaya Aceh yang memiliki nilai histori. Masih ada bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang tampak seperti tower air. Selain itu, taman ini juga tempat memproklamasikan Kemerdekaan Republik Indonesia di Aceh kala itu yang dibacakan langsung oleh Teungku Nyak Arif. Hal ini ditandai dengan adanya Tugu Proklamasi yang berada di tengah taman.

Nah bagi anda yang ingin bersantai sambil menikmati udara segar, tak ada salahnya untuk berkunjung ke taman ini, sekaligus bisa mengenal objek wisata sejarah Aceh bekas peninggalan Belanda ini.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x