Kompas TV regional kalimantan

P3SM Kalbar & Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sangau Gelar Pelatihan dan Sertifikasi

Kompas.tv - 5 April 2023, 16:10 WIB
p3sm-kalbar-dinas-bina-marga-dan-sumber-daya-air-kabupaten-sangau-gelar-pelatihan-dan-sertifikasi
Pelatihan dan Sertifikasi di Kabupaten Sanggau (Sumber: Foto: Yenni Fiantisari)
Penulis : KompasTV Pontianak

SANGGAU, KOMPAS.TV - Pusat Pembinaan Pelatihan dan Sertifikasi Mandiri (P3SM) bersama Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau menggelar pelatihan dan sertifikasi di Hotel Shafira Sanggau, Rabu, 05 April 2023.

Asesmen atau uji kompetensi tenaga kerja konstruksi di tempat uji kompetensi (TUK Sewaktu) ini merupakan yang perdana di Kabupaten Sanggau dan diikuti sekitar 60 orang peserta atau asesi dari berbagai profesi jurusan bidang konstruksi.

Baca Juga: Sertifikasi Digital di Kabupaten Sambas, Mendukung Pemerintah dalam Percepatan Pembangunan

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Bina Konstruksi Fahruzi, S.ST, mengatakan asesmen yang digelar di Sanggau merupakan proses sertifikasi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di bawah naungan Pusat Pembinaan Pelatihan dan Sertifikasi Mandiri Kalbar. Ia menyampaikan, kegiatan sertifikasi kompetensi kerja konstruksi (SKKK) merupakan amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Dalam pasal 70, disebutkan bahwa setiap tenaga kerja di bidang jasa konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja, setiap pengguna jasa dan/atau penyedia jasa konstruksi wajib mempekerjakan tenaga kerja konstruksi yang memiliki sertifikat kompetensi kerja.

Fahruzi juga mengatakan pemerintah sudah menerbitkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2021, sesuai regulasi tersebut, meningkatnya kompetensi, profesionalitas, dan produktivitas tenaga kerja konstruksi nasional, serta meningkatnya partisipasi masyarakat jasa konstruksi adalah tanggung jawab pemerintah pusat.

Baca Juga: Sertifikasi LSP Astekindo Digelar di Kabupaten Melawi, Peserta Antusias Ikuti Kegiatan

Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab, pemerintah mengikutsertakan masyarakat jasa konstruksi dalam melaksanakan sebagian kewenangan pemerintah pusat melalui lembaga pengembangan jasa konstruksi. Salah satu peran masyarakat jasa konstruksi, yakni memiliki kewenangan penerbitan sertifikasi kompetensi kerja konstruksi.

Kewajiban sertifikasi kompetensi bagi seluruh tenaga kerja konstruksi melalui proses uji kompetensi sesuai dengan standar kompetensi kerja, juga diamanahkan dalam Undang-Undang Jasa Konstruksi Nomor 2 tahun 2017. UU mengatur uji kompetensi dilaksanakan lembaga sertifikasi profesi dan dilaksanakan dengan metode uji tulis, uji praktik atau observasi lapangan, dan atau wawancara. Lembaga sertifikasi harus sudah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Atas dasar-dasar tersebut, Dinas BMSDA Kabupaten Sanggau menyelenggarakan kegiatan jasa konstruksi dan menggandeng LSP Astekindo yang merupakan salah satu LSP dengna lisensi dari BNSP dalam melaksanakan sertifikasi. Dinas BMSDA juga berharap, akan ada kerja sama lain dan sertifikasi lagi yang rencananya akan digelar pada Juli 2023 bersama LSP Astekindo.

Pelatihan dan Sertifikasi di Kabupaten Sanggau (Sumber: Foto: Yenni Fiantisari)

Di kesempatan yang sama, Ketua Perwakilan P3SM Kalbar, Erwinsyah, S.ST., MM, memastikan para asesi yang berkompeten akan mendapat sertifikat kompetensi kerja bidang konstruksi. Hal itu sudah sesuai dengan regulasi yang berlaku dalam Undang-Undang Jasa Konstruksi Nomor 2 tahun 2017 dengan perubahan dalam Undang-Undang Cipta Kerja No. 11 tahun 2021.

"Di mana kebijakan turunan Undang-Undang tersebut juga tertuang dalam peraturan pemerintah (PP) nomor 22 tahun 2020, sebagaimana diubah dengan peraturan pemerintah (PP) nomor 14 tahun 2021, beserta peraturan atau kebijakan turunannya," ucap Erwinsyah.

P3SM Kalbar berharap, uji kompetensi yang digelar di Kabupaten Sanggau bisa melahirkan tenaga terampil atau tenaga ahli yang kompeten dan dapaat bersaing di dunia jasa konstruksi.

Peserta Sertifikasi & Pelatihan di Kabupaten Sanggau (Sumber: Foto: Yenni Fiantisari)

Salah satu peserta asal Kabupaten Sanggau Theodora Ririn yang mengikuti diklat sertifikasi kompetensi kerja ini, menyampaikan bahwa kegiatan berjalan baik, nyaman dan lancar. Ia pun mengaku bersyukur bisa mengikuti diklat di P3SM. Ia juga bilang, penjelasan yang diberikan narasumber dan asesor mudah dimengerti dan memberi masukan serta arahan positif.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x