Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Bermain Gamelan Sambil Menunggu Waktu Berbuka Puasa

Kompas.tv - 14 April 2023, 14:40 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BLORA, KOMPAS.TV - Ada banyak hal yang bisa dikerjakan sambil menunggu waktu buka puasa. Di Desa Pelem, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, sejumlah ibu-ibu yang tergabung dalam Sanggar Karawitan Ngudi Laras memilih menunggu waktu berbuka puasa dengan cara berlatih dan memainkan alat musik tradisional bernama gamelan.

Ibu-ibu ini tampak cukup mahir memainkan gamelan. Mereka berlatih setiap hari, mulai pukul 16.00 WIB hingga menjelang buka puasa. Kegiatan berlatih gamelan ini sekaligus untuk melestarikan budaya Jawa agar tidak tergerus oleh kemajuan zaman.

Meski tengah menjalankan ibadah puasa, tapi ibu-ibu ini tampak semangat. Mereka pun mengaku senang karena menunggu waktu berbuka puasa menjadi tidak terasa.

“Latihan gamelan ini biar ibu-ibu nggak jenuh. Jadi buat hiburan agar nggak spaneng cari duit terus,” ujar Iniwati, warga.

Ibu-ibu berharap, ke depan Sanggar Karawitan Ngudi Laras dapat semakin banyak peminatnya supaya keterampilan penabuh semain terasah. Sekaligus kesenian Jawa tidak hilang tergerus kemajuan zaman yang semakin canggih.

#ngabuburit #ramadan #gamelan




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x