Kompas TV regional berita daerah

Wisata religi melihat Al-Qur an raksasa di Masjid Agung Madaniyah

Kompas.tv - 26 April 2023, 14:03 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

KARANGANYAR, KOMPAS.TV - Bagi anda yang melakukan perjalanan ke Jawa Tengah, tidak ada salahnya untuk melakukan wisata religi dengan melihat Al-Qur’an berukuran raksasa di Masjid Agung Madaniyah, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dibutuhkan enam pria dewasa untuk dapat mengangkat Al-Qur’an raksasa ini.

Al-Qur’an raksasa berukuran 1 x 1,5 meter ini ditulis tangan menggunakan tinta oleh pakar dari pesantren mahasiswa Safinatun Naja, Universitas Sains Al-Qur’an (Unsiq) di Kabupaten Wonosobo. Untuk pengerjaan Al-Qur’an raksasa  dengan berat 200 kilogram ini diselesaikan selama 1 tahun.

Menurut pengurus masjid, Al-Qur’an raksasa ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang beribadah di Masjid Agung Madaniyah.

“Al-Qur’an raksasa ini ditulis tangan oleh para ahli penulis Al-Qur’an dari Pondok Safinatun Naja selama satu tahun. Kalau lembarannya sama persis dengan Al-Qur’an. Biayanya lebih kurang Rp 200 juta,” kata H. Sularno, pengurus Masjid Agung Madaniyah.

Selain bisa melihat Al-Qur’an raksasa, warga yang berkunjung juga bisa beribadah sekaligus melihat salah satu masjid termegah bergaya Timur Tengah di Jawa Tengah. Diberi nama Madaniyah karena desain arsitekturnya mereplika Masjid Nabawi dari Madinah, Arab Saudi.

Di masjid juga terdapat menara pandang setinggi 70 meter yang bisa melihat Kabupaten Karanganyar dari atas menara pandang.
 

#wisatareligi
#lebaran
#alquranraksasa



Sumber : Kompas TV Makassar


BERITA LAINNYA



Close Ads x