Kompas TV regional sumatra

Perempuan Tewas di Kolong Lift Bandara Kualanamu, Kemenhub Tegur Angkasa Pura

Kompas.tv - 30 April 2023, 17:51 WIB
perempuan-tewas-di-kolong-lift-bandara-kualanamu-kemenhub-tegur-angkasa-pura
Penemuan mayat perempuan bernama Aisiah Sinta Dewi Hasibuan (38) dalam keadaan sudah berbau menghebohkan Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (27/4/2023). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengirim surat teguran kepada PT Angkasa Pura Aviasi atas kasus tewasnya seorang perempuan di kolong lift Bandara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

PT Angkasa Pura merupakan penanggung jawab operasional tunggal Bandara Kualanamu.

"Kami sudah berbicara dengan pihak penanggung jawab operasional bandara, dalam hal ini Angkasa Pura Aviasi," kata Dirjen Hubud Kemenhub M. Kristi Endah Murni, Minggu (30/4/2023), dikutip Antara.

"Untuk itu, saya perintahkan agar lebih meningkatkan lagi aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan di bandara serta segera melakukan perbaikan pada fasilitas yang mengalami kerusakan," lanjutnya.

Baca Juga: Hotman Paris Turun Tangan soal Kasus Perempuan Tewas Jatuh dari Lift Bandara Kualanamu

Selain itu, Kristi juga memerintahkan Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II agar meningkatkan pengawasan pelayanan bandara di wilayah kerjanya. Peningkatan pengawasan diperlukan untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali.

"Untuk kepentingan keselamatan dan penyelidikan, untuk sementara lift tempat kejadian perkara/TKP (sisi kiri) dan lift yang berpasangan di sisi kanan tidak difungsikan dahulu sampai penyelidikan selesai," kata Kristi.

Dia pun mengungkapkan pihaknya menyerahkan proses penyelidikan kepada Polsek Bandara Kualanamu. Sedangkan untuk proses penanganan korban dilakukan oleh Polresta Deliserdang.

Ditjen Hubud juga akan melakukan evaluasi setelah hasil penyelidikan kepolisian keluar dan penyebab kejadian sudah diketahui.

Sebelumnya, Head of Corporate Communication PT Angkasa Pura Aviasi Dedi Al Subur menjelaskan, perempuan itu diperkirakan jatuh pada Senin (24/4/2023) dan baru ditemukan tiga hari kemudian pada Kamis (27/4/2023).



Sumber : Antara, Tribun Medan, Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x