Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Hotel Pelestari Heritage di Kawasan Kota Lama Semarang

Kompas.tv - 18 Mei 2023, 14:12 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kawasan Kota Lama Semarang kini semakin apik. Banyak bangunan lama yang mangkrak dan kondisinya memprihatinkan, kini disulap menjadi bangunan megah dan kokoh.

Salah satunya Kotta Hotel Semarang yang dibangun dengan memanfaatkan bangunan lama yang dahulu adalah gedung kantor perbankan yang hanya beroperasi di tahun 1985 hingga 1986, dan kembali mangkrak selama hampir 20 tahunan. Sebelumnya, sejak 1787 gedung ini menyatu dengan paradeplein atau lapangan untuk parade militer.

Kemudian gedung eks kantor perbankan ini direnovasi dan dibangun dengan konsep brutalisme, yakni memadukan bangunan lama serta modern, dan akhirnya menjadi bangunan hotel dengan empat lantai serta area rooftop  yang tetap mempertahankan bangunan aslinya, hotel ini resmi dibuka pada 18 Juli 2022.

"Konsep bangunan ini desainnya brutalis. Bagian dalam itu kita konsepnya brutalis, banyak warna-warna kuat. Semua funiture kita custom agar mendukung konsep kita, sedangkan bagian luar heritage kita pertahankan agar kita masih senada dengan bangunan-banguna heritage yang lain," jelas Firdha Lail Agusta,  Hotel Manager Kotta Hotel.

Kotta Hotel Semarang yang bagian luar nampak bangunan aslinya dan di dalam hotel terlihat kemewahan dengan gaya modern ini, berlokasi di Jalan Taman Srigunting Nomor 14. Bangunan hotel persis berada di pusat Kota Lama Semarang dan menjadi daya tarik para wisatawan untuk beristirahat, sembari menikmati keindahan Kota Lama Semarang.

#kotalama #heritage #semarang

 

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x