Kompas TV regional sumatra

Bangkai Gajah Mulai Busuk di Perkebunan Aceh Tengah, Diduga Keracunan

Kompas.tv - 15 Juni 2023, 13:49 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Seekor Gajah Sumatera betina ditemukan mati di kawasan perkebunan warga Desa Karang Ampar, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah. Dugaan sementara kematian gajah liar ini karena keracunan.

Setelah adanya laporan warga, tim BKSDA langsung turun ke lokasi untuk melakukan nekropsi serta mengambil beberapa sampel untuk di uji lab di Balai Veteriner, Bukit Tinggi.

Menurut kepala BKSDA Aceh Gunawan Alza, menyatakan dugaan kematian akibat keracunan ini semakin kuat karena di sekitar lokasi kejadian tidak ditemukan perangkap maupun jeratan hewan.

Diperkirakan hasil nekropsi ini akan keluar pada pekan depan sehingga baru bisa memastikan penyebab utama kematian gajah itu.

Namun konflik gajah dan manusia di Desa Karang Ampar sudah lama terjadi sejak belasan tahun. Mereka kerap menggiring gajah agar tidak masuk ke perkebunan warga, namun belum ada solusi dari pihak pemerintah untuk menyelesaikan konflik itu.

Salah seorang warga mengeluh dan meminta kepada pemerintah agar bisa mengatasi konflik itu, karena lintasan gajah disana selalu melewati perkebunan warga, sehingga aktivitas warga setempat merasa terganggu.

Baca Juga: Jelang Idul Adha Harga Hewan Qurban Naik 10 Hingga 20 Persen




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x