Kompas TV regional berita daerah

Digimon, Aplikasi Baru DPM PTSP Kota Tegal untuk Perluas Akses Layanan UMKM

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 12:21 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Setelah era kemudahan perizinan berusaha, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Tegal, Jawa Tengah, berinovasi meluncurkan aplikasi digital matchmaking online, Digimon. Yakni sebuah aplikasi berbasis web yang akan memperluas akses layanan dengan cara menjalin kemitraan kepentingan antar pelaku usaha kecil dan usaha besar. 

 

Harapannya nanti para pelaku UMKM bisa mendapatkan akses permodalan, pelatihan pembinaan dan pengembangan dari instansi teknis, termasuk akses marketing dari beberapa stakeholder yang bekerjasama dengan DPMPTSP. Manfaat lain aplikasi Digimon bagi pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usaha melalui permodalan adalah secara otomatis data para pelaku UMKM tersambung secara online dan bisa dimanfaatkan para pelaku perbankan. 

 

Inovasi aplikasi Digimon mendapat apresiasi dari Kementerian Investasi. Inovasi ini merupakan implementasi Undang-Undang Cipta Kerja yang juga sejalan dengan arah kebijakan pemerintah saat ini, yakni penciptaan iklim investasi kondusif sebagai kunci pemulihan ekonomi pasca pandemi.

 

Peluncuran aplikasi Digimon dilakukan oleh Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono pada Rabu sore, disaksikan stakeholder terkait serta perwakilan pelaku UMKM di Kota Tegal.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x