Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Rayakan Idul Adha, Warga Graha Taman Bougenville Potong 6 Ekor Sapi

Kompas.tv - 30 Juni 2023, 18:53 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Momen lebaran Idul Adha atau yang biasa disebut Idul Kurban, disambut antusias oleh semua kalangan. Momen Idul Adha ini juga mengingatkan umat akan kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang merupakan gambaran bagaimana bentuk ketakwaan seorang hamba kepada Sang Pencipta.

Salah satu bentuk pengorbanan dalam Hari Raya Idul Adha ini dilakukan dengan cara mengorbankan hewan ternak yang berkualitas, bagi warga yang mampu, untuk kemudian dagingnya bisa dibagikan bagi mereka yang tidak mampu.

Hal ini pula yang dilakukan oleh warga Graha Taman Bougenville (GTB), Durenan, Mangunharjo, Tembalang. Semarang, Jawa Tengah. Usai menjalankan Salat Id bersama, warga berkumpul di aula untuk mempersiapkan semua keperluan pemotongan hewan kurban. Tampak anak-anak ikut antusias merayakan momen Idul Adha ini.

Selain itu bapak-bapak maupun ibu-ibu juga bekerja sama menyelesaikan mandat yang telah diamanahkan sebelumnya. Sementara itu bapak-bapak menyiapkan hewan kurban yang akan dipotong, hingga proses pembersihan kulit, tulang, dan jeroan hewan kurban.

Ibu-ibu dengan sigap memotong daging dan menimbang sesuai dengan takaran yang telah ditentukan, untuk nantinya dibagikan kepada warga sekitar, panti asuhan, yayasan dan warga tidak mampu.

Ketua panitia Idul Adha GTB, Agri Ruliaji menjelaskan bahwa pada tahun ini warga GTB menyembelih 4 ekor sapi. Ia juga mengapresiasi seluruh panitia yang bekerja dengan cekatan dari awal hingga akhir pendistribusian.

"Pada Idul Adha Tahun ini di Graha Taman Bougenville menyembelih 4 ekor sapi dan penambahan 2 ekor sapi, "  kata Agri Ruliaji.

Sementara itu, ketua RT setempat, L. Satrio Widodo menambahkan bahwa hewan kurban yang ada di GTB pada tahun ini berjumlah 6 ekor sapi.  

"Alhamdulillah, warga Graha Taman Bougenville bisa berpartisipasi kurban 4 ekor sapi ditambah dari Samudera Indonesia 2 ekor sapi, yang dibagikan ke warga sekitar, warga di Luar GTB, panti asuhan dan yayasan, " ungkap L. Satrio Widodo.

"Semoga kurban kali ini bisa bermanfaat untuk semua. Pengorbanan mengantarkan kita pada kesholihan, keikhlasan dan kerendahan hati, " imbuhnya.

Daging yang telah dibungkus didistribusikan ke sejumlah yayasan, panti asuhan dan warga tidak mampu. Diharapkan dengan banyaknya hewan kurban pada tahun ini, bisa semakin banyak warga tidak mampu yang bisa dijangkau, agar menjadi berkah dan meringankan beban bagi sesama. 

#iduladha #hewankurban #semarang 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x