Kompas TV regional jawa barat

Polhut Bantah Kukang Turun Ke Pemukiman Karena Kelaparan

Kompas.tv - 6 Juli 2023, 14:23 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

CIAMIS, KOMPAS.TV - Seekor kukang berhasil diamankan anggota Polisi Hutan Resort Ciamis di halaman rumah warga Desa-Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis rabu kemarin. 

Kukang dengan nama latin Javan Slow Loris Nycticebus Javanicus ditangkap, dan dimasukan ke dalam kardus oleh petugas, untuk kemudian diserahkan ke kantor balai besar konservasi dan sumber daya alam atau BKSDA Ciamis. 

Awal mula ditemukan hewan primata langka dilindungi tersebut oleh warga, yang rumahnya dekat area kaki gunung Syawal. Semula ada dua ekor kukang merangkak pelan di pohon kelapa, kemudian satu ekor turun mendekati pemukiman warga. 

Diduga, kukang Jawa ini turun ke permukiman warga karena faktor kekurangan makanan di hutan, akibat kehilangan habitatnya. 

Adanya dugaan hewan kukang kelaparan dan kehilangan habitatnya, langsung dibantah petugas resort Gunung Syawal. Ketersediaan makanan di Gunung Syawal masih banyak, adapaun faktor kukang turun ke pemukiman warga sedang mencari makan. 

Kini kukang berukuran sekitar 20 sentimeter tersebut sudah diamankan oleh Polhut Resort Ciamis. Rencananya kukang akan segera diserahkan ke BKSDA untuk dikembalikan lagi ke habitatnya.

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:
IG : https://www.instagram.com/kompastvjabar/
Youtube : https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat
Twitter : https://twitter.com/kompastv_jabar
Facebook : https://www.facebook.com/KompasTVJawaBarat
TikTok: https://www.tiktok.com/@kompastvjabar

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x