Kompas TV regional jawa timur

Banjir Genang 6 Kecamatan, Pemkab Lumajang Tetapkan Tanggap Darurat Bencana 14 Hari

Kompas.tv - 8 Juli 2023, 06:10 WIB
banjir-genang-6-kecamatan-pemkab-lumajang-tetapkan-tanggap-darurat-bencana-14-hari
Sebuah daerah di Kabupaten Lumajang tergenang banjir lahar dingin Gunung Semeru akibat curah hujan yang tinggi, Jumat (7/7/2023). (Sumber: Dok. Pemkab Lumajang)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Lumajang menetapkan status tanggap darurat bencana selama 14 hari terhitung Jumat (7/7/2023).

Status ini untuk menyikapi banjir bandang dan aliran lahar dingin Gunung Semeru yang menerjang enam kecamatan di Lumajang. Selain banjir akses jalan juga tertutup longsor akibat hujan deras yang mengguyur Lumajang. 

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menjelaskan status tanggap bencana ini untuk melihat situasi beberapa hari ke depan. 

Menurutnya curah hujan masih tinggi dan lahar Gunung Semeru juga tidak bisa diprediksi. Pihaknya juga masih melakukan proses evakuasi warga dan pendataan kerusakan sarana dan prasaran serta rumah warga. 

"Saya sudah menetapkan tanggap darurat 14 hari. Tadi sudah saya tanda tangani dan saya tunjuk Pak Sekda untuk memimpin satgas," ujar Thoriq, Jumat (7/7/2023). Dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Situasi Terkini Pasca Banjir Bandang yang Melanda Lumajang!

Adapun data sementara banjir di enam kecamatan yakni Kecamatan Candipuro, Pasirian, Tempeh, Kecamatan Pronojiwo, Pasrujambe dan Tempursari.

Sedangkan data sementara dari Dinas PUTR Lumajang sejumlah sarana prasarana yang mengalami kerusakan akibat diterjang banjir dan tanah longsor yakni, jembatan penghubung Desa Tumpeng dan Desa Kloposawit dengan kondisi terputus total.

Jembatan Gantung Kali Regoyo mengalami kerusakan parah, jembatan Limpas Kaliputih dan jembatan di perbatasan Lumajang-Malang juga terputus total.

Kemudian jalur Piket Nol, tepatnya di KM 58 Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro tidak bisa dilewati karena tertutup tanah.

Jalur Curah Kobokan juga belum bisa dilalui lantaran banjir lahar dingin masih berlangsung.


 

 




Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x