Kompas TV regional jawa tengah dan diy

KAI Tambah Operasional KRL Solo-Jogja saat Libur Sekolah, Ini Jadwal Terbarunya Mulai 9 Juli 2023

Kompas.tv - 9 Juli 2023, 09:11 WIB
kai-tambah-operasional-krl-solo-jogja-saat-libur-sekolah-ini-jadwal-terbarunya-mulai-9-juli-2023
KAI Commuter Line menambah perjalanan KRL Solo-Jogja dan Jogja-Solo saat masa libur sekolah 9 Juli-16 Juli 2023 (Sumber: KAI Commuter Line)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Sehubungan dengan rangkaian libur sekolah, KAI Commuter menambah operasional KRL Commuter Line Yogyakarta-Palur dan Palur-Yogyakarta menjadi 30 perjalanan per hari ini mulai, Minggu (9/7/2023).

Anne Purba VP Corporate Secretary KAI Commuter mengatakan penambahan 6 perjalanan KRL Commuter Line Yogyakarta terhitung tanggal 9-16 Juli 2023. Sedangkan untuk Commuter Line Prameks tetap dioperasikan sebanyak 8 perjalanan tiap harinya.

Jadi mulai hari ini, Minggu, KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 15 Jadwal perjalanan KRL Palur-Jogja mulai pukul 04.55 -20.53 WIB dan 15 perjalanan KRL Jogja-Palur mulai pukul 05.30 – 22.35 WIB.

“Semoga dengan adanya penambahan 6 perjalanan Commuter Line Yogyakarta - Palur, menjadi 30 ini dapat mengakomodir masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya untuk bermobilisasi selama masa liburan," ungkap Anne dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Minggu.

Baca Juga: Selesai 2024, Stasiun KRL JIS Dilewati Kereta dari Stasiun Ancol dan Stasiun Kemayoran

Anne menyebut, penambahan perjalanan KRL Solo-Jogja dan Jogja Solo ini tak lepas dari animo masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya untuk menggunakan transportasi publik dalam bermobiltas selama liburan sekolah.

“Menggunakan transportasi publik khususnya commuter line sangat efektif. Selain mengurangi kepadatan di kendaraan jalan, mampu juga me-reduce tingkat polusi saat ini," tutur Anne.

Dari data KAI Commuter Line, selama musim liburan, cuti bersama dan Iduladha, total pengguna KRL Yogyakarta dari19 Juni-8 Juli 2003 mencapai 439.642 orang atau rata-rata 19.984 orang per hari.


Sedangkan Commuter Line Prameks sebanyak 61.144 orang dengan rata-rata 2.779 orang per hari.

Sesuai data yang tercatat pada masa libur sekolah tahun 2022 lalu, terdapat kenaikan rata-rata volume pengguna Commuter Line Yogyakarta jika dibanding dengan sebelum masa libur sekolah. Kenaikan volume pengguna KRL mencapai 15%-20% pada hari libur atau akhir minggu.

“Dengan adanya kenaikan pengguna selama masa liburan ini, kami berharap pengguna tetap memperhatikan aturan yang berlaku selama ber-commuter”, tambah Anne.

Berikut jadwal terbaru KRL Solo-Jogja dan Jogja-Solo 9 Juli-16 Juli 2023.

Jadwal KRL Terbaru Solo-Jogja dan Jogja-Solo pada 9 Juli-16 Juli 2023 (Sumber: KAI Commuter Line)

Aturan Naik KRL Solo-Jogja dan Jogja-Solo Terbaru

KAI Commuter mengimbau para pengguna agar tetap ikuti arahan dari petugas serta senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, kenyamanan dan menjaga kebersihan saat naik KRL Commuter Line.

Baca Juga: Erick Thohir soal Keputusan Impor KRL: Kalau Baru Lebih Bagus Secara Teori

Gunakan masker jika dalam kondisi sakit, serta dahulukan pengguna yang hendak turun dari commuter Line.

Bagi pengguna yang membawa putra-putrinya minimal usia 3 tahun atau tinggi minimal 90 cm sudah diwajibkan untuk membeli tiket. Pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan orang tua atau pendamping selama dalam perjalanan. 

Untuk pembayaran tiket KRL dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Bank (kartu Flazz, Emoney, Tap Cash, Brizzi) atau QR Code Gotransit by Gojek dan KAI Access.

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x