Kompas TV regional papua maluku

Bantu Perputaran Ekonomi, Prajurit TNI Borong Dagangngan Warga di Distrik Dal

Kompas.tv - 9 Juli 2023, 19:47 WIB
bantu-perputaran-ekonomi-prajurit-tni-borong-dagangngan-warga-di-distrik-dal
Prajurit Satgas Yonif Para Raider 433 Julu Siri memborong hasil bumi warga dari 5 kampung di Distrik Dal, Kamis, (6/7/2023). (Sumber: Satgas Yonif Para Raider 433 /JS)
Penulis : KompasTV Merauke

NDUGA,KOMPAS.TV – Tidak hanya bertugas menjaga keamanan warga, kehadiran Prajurit Satgas Yonif Para Raider 433 Julu Siri juga berdampak pada perputaran perekonomian warga di Distrik Dal, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

Dukungan terhadap perputaran perekonomian warga dilakukan dengan memborong hasil bumi warga dari 5 kampung di Distrik Dal, Kamis, (6/7/2023).

mama - mama yang berjualan yang berasal dari 5 Kampung  di Distrik Dal mulai dari Kampung Silan, Grimbun, Glumben, Labrik, dan Kibisim dibiorong dagangngannya oleh prajurit TNI untuk keperluan bahan makanan di Pos Satgas Yonif Para Raider 433 Julu Siri.

Prajurit TNI sengaja memborong dagangngan warga  dengan tujuan  untuk membantu perputaran  roda perekonomian masyarakat Distrik Dal.

Selain itu, Satgas Yonif Para Raider 433/JS berkoordinasi dengan tokoh adat setempat untuk membantu dengan  untuk membuat pasar.

 Pasalnya selama ini masyarakat hanya mengandalkan sistem "Barter"  yaitu dengan menukarkan hasil buminya dengan barang lain untuk melengkapi kebutuhan hidup mereka sehari - hari.

Inovasi tersebut mendapat  antusias dan  seketika terlihat dari jalan di depan Pos Dal Satgas Yonif Para Raider 433/JS ramai oleh warga yang berjualan.

Warga menyambut gembira dengan hadirnya pasar untuk berjualan, mereka  berharap kegiatan pasar terus berlanjut dan menjadi budaya adat baru di Distrik Dal.

Sementara, sesuai petunjuk Dasatgas Yonif Para Raider 433/JS, Letkol Inf Laode Muhammad Idrus, kehadiran Satgas Yonif Para Raider 433 JS selain untuk mengamankan masyarakat juga harus selalu berinovasi untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan Kesejahteraan masyarakat Papua.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x