Kompas TV regional jawa timur

Musim Panen, Harga Cabai Stabil

Kompas.tv - 14 Juli 2023, 18:18 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Setelah beberapa pekan harga bumbu dapur terus tinggi kini berangsur turun. Diantaranya adalah harga cabai dan bawang merah yang mulai stabil. Hal ini menurut pedagang, karena saat ini sudah musim panen sehingga pasokan berlimpah.

Jika sebelumnya harga cabai di Kota Malang masih di atas Rp 40 ribu per kilogram, namun sepekan terakhir, harga cabai sudah stabil. Untuk saat ini cabai rawit Rp 28 ribu per kilogram, cabai besar Rp 35 ribu per kilogram dan cabai hijau Rp 40 ribu per kilogram. Sedangkan untuk bawang merah turun dari harga Rp 44 ribu menjadi 35 ribu per kilogram.

Dari sejumlah bumbu dapur, hanya bawang putih yang mengalami kenaikan, yakni Rp 40 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 25 ribu perkilogram. Hal ini disebabkan karena pasokan bawang putih impor sedikit tersendat. Dengan naiknya harga bawang putih, menurut pedagang daya beli masyarakat juga turun untuk bawang putih.

"Stabil, cabai sama bawang merah karena ini kan panen semua, hanya bawang putih yang naik dari Rp 25 ribu menjadi Rp 40 ribu," Kata Agus.

Lebih jauh pedagang memperkirakan, harga bumbu dapur seperti cabai bisa jadi akan terus turun, karena saat ini sejumlah daerah sedang musim panen sehingga bisa dipastikan pasokan cabai dari petani berlimpah.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x