Kompas TV regional sulawesi

Saat BNPP Genjot Camat Perbatasan Tingkatkan Daya Saing dan Geliat Ekonomi Titik Perbatasan Negara

Kompas.tv - 16 Juli 2023, 05:40 WIB
saat-bnpp-genjot-camat-perbatasan-tingkatkan-daya-saing-dan-geliat-ekonomi-titik-perbatasan-negara
Pemaparan materi dari kementerian/lembaga di Rapat Koordinasi Camat Kawasan Perbatasan Tahun 2023 di Claro Hotel, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, baru-baru ini. (Sumber: dok, Humas BNPP)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Gading Persada

MAKASSAR, KOMPAS.TV- Peran camat tak hanya sekedar mengurusi pemerintahan di tingkat kecamatan semata, terlebih bagi lokasinya yang berbatasan dengan negara lain.

Badan Nasional Pengelola Perbatasan atau BNPP pun menyebut seorang camat yang berada di perbatasan negara RI dengan negara lain harus mampu memiliki daya saing dan geliat ekonomi. 

Menurut Plh Sekretaris BNPP Robert Simbolon, camat di kawasan perbatasan memiliki peran penting dalam pembangunan beranda atau halaman terdepan negara. Untuk itu sebagai beranda atau halaman depan negara, kawasan perbatasan perlu menjadi bagian wilayah negara yang maju, indah, aman, teratur dan tertib. 

Baca Juga: Catatan BNPP Nunukan Jadi Daerah Perbatasan yang Mengalami Kenaikan Kasus Perkawinan Anak Usia Dini

"Halaman depan itu yang pertama yang terlihat dari bagian rumah kita, kemampuan daya saing nasional kita juga ada di perbatasan kita. Maka harus kita bangun untuk menjadi daya saing kita dan pada saatnya nanti kita bisa mengatakan belakangan saya sadar rumput di halaman saya lebih hijau dari tetangga," ujar Robert, Sabtu (15/7/2023). 

Dijelaskannya, untuk ke depan seluruh lokasi prioritas di kawasan perbatasan dapat berkembang dengan tiga tahapan. Yakni tahap awal atau pembangunan, tahapan lanjutan atau pengolahan program dan tahapan pemantapan pengembangan program.

Oleh karena itu, dalam rakor camat kawasan perbatasan ini paling sedikit 222 kecamatan yang masuk prioritas penanganan 2020-2024 berjalan sebagian sudah masuk tahap lanjutan, sebagian masuk ke tahap pemantapan.

Baca Juga: Ketika Camat di Perbatasan Ikut Pelatihan Intelijen dari Polri, BNPP: untuk Jaga Kedaulatan RI

"Pada saatnya nanti semua kecamatan yang ada di bagian depan negara kita bisa berkembang. Di forum ini juga mengajak para camat memantau sumber daya yang diarahkan ke kecamatan dari pemerintah pusat atau kabupaten/kota. Tidak ada pembangunan kawasan perbatasan negara kalau tidak dilaksanakan di kecamatan yang kita sebut lokasi prioritas," ujar Robert dalam rapat koordinasi Camat Kawasan Perbatasan Tahun 2023 di di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dalam siaran pers.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x