Kompas TV advertorial

Jokowi Tegaskan Komitmen Kemandirian Ekonomi Indonesia dalam Peringatan Harlah Pancasila 2024

Kompas.tv - 3 Juni 2024, 16:00 WIB
jokowi-tegaskan-komitmen-kemandirian-ekonomi-indonesia-dalam-peringatan-harlah-pancasila-2024
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Kepala BPIP Yudian Wahyudi (dua dari kanan) dan para menteri mengenakan busana tradisional dari berbagai daerah Indonesia dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Kota Dumai, Provinsi Riau, 1 Juni 2024. (Sumber: Dok. Sekretariat Negara)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Upacara Puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 sukses digelar di Lapangan Garuda PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), Kota Dumai, Provinsi Riau pada Sabtu, 1 Juni 2024. Presiden Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara memimpin langsung upacara tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi Kombes Pol. Andri Ananta Yudhistira bertindak selaku komandan upacara. Sementara itu, Kepala Staf Kodam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Refrizal bertindak sebagai perwira upacara. 

Tepat pukul 07.30 WIB, upacara dimulai dengan penghormatan kebesaran dan laporan komandan upacara kepada inspektur upacara. 

Selepas itu, pengibaran bendera Sang Merah Putih dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2023. Acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh inspektur upacara.

Dalam upacara tersebut, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo membacakan naskah Pancasila, sedangkan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mattalitti membacakan naskah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. 

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memimpin pembacaan doa selepas pemberian amanat oleh inspektur upacara.

Tampak hadir mengikuti upacara yakni para pimpinan lembaga negara, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, para pimpinan lembaga pemerintah non-kementerian, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Baca Juga: Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 Sebagai Tema Harlah Pancasila 2024

Jokowi: Pancasila Memandu Arah Bangsa

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya kemandirian ekonomi dan peran aktif Indonesia dalam politik internasional. Presiden Jokowi memuji ketangguhan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah situasi global yang penuh ketidakpastian dan krisis geopolitik. 

"Kita patut bersyukur bahwa Indonesia tetap kokoh, stabil, dan bersatu, dengan ekonomi yang terus tumbuh," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menambahkan, Indonesia harus selalu optimis karena mempunyai Pancasila yang memandu arah bangsa. Selain itu, menurutnya, bangsa Indonesia memiliki modal sosial dan budaya yang kokoh,SDM, serta sumber daya alam yang berlimpah. Oleh karena itu, Indonesia harus terus perkokoh kemandirian bangsa dan berdikari dalam ekonomi.

Lebih lanjut, Presiden menegaskan kembali komitmen Indonesia pada politik bebas aktif dan pada perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina serta perdamaian dunia. Keberhasilan Indonesia sebagai pemimpin G20 dan Ketua ASEAN juga dipaparkan sebagai bukti pengaruh politik yang positif di tingkat global.

"Keaktifan dalam dunia internasional, tidak menyurutkan perjuangan kita untuk berdikari dalam bidang ekonomi. Kita terus perjuangkan kemandirian ekonomi, termasuk melalui industrialisasi di dalam negeri dan melalui hilirisasi di berbagai sektor," tegas Jokowi.

Mengenai ekonomi domestik, Presiden menyoroti pentingnya mengambil alih kembali aset-aset strategis nasional untuk kesejahteraan masyarakat, seperti pengambilalihan saham mayoritas di Freeport dan pengelolaan Blok Rokan. 

"Freeport dan Blok Rokan hanyalah sedikit contoh dari semangat dan upaya kita untuk kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi, untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata, membangun ekonomi yang berpihak kepada kepentingan nasional, berdiri di atas kekuatan sendiri," papar Kepala Negara.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x