Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Warga Dusun Saluran Akhirnya Merdeka dari Kegelapan

Kompas.tv - 16 Agustus 2023, 23:51 WIB
warga-dusun-saluran-akhirnya-merdeka-dari-kegelapan
Gubernur Sumatera Selatan didampingi Wakil Bupati Banyuasin serta General Manager PLN UID S2JB, meresmikan pembangunan jaringan listrik di Dusun Saluran, Desa Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin. (Sumber: Humas PLN UID S2JB )
Penulis : KompasTV Palembang

BANYUASIN, KOMPAS.TV - Momen Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di tahun 2023 ini menjadi hal yang sangat bersejarah bagi warga Desa Saluran Kabupaten Banyuasin, karena mereka mendapatkan hadiah spesial yakni Merdeka dari Kegelapan yang ditandai dengan selesainya pembangunan jaringan listrik di Dusun Saluran, Desa Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin. Kini desa yang selama 35 tahun belum menikmati listrik tersebut telah menjadi terang benderang.

Dalam acara peresmian Listrik Desa yang diselenggarakan pada 13 Agustus 2023, turut hadir Gubernur Sumatera Selatan didampingi Wakil Bupati Banyuasin, General Manager PLN UID S2JB beserta jajaran Manajemen PLN serta segenap jajaran Forkopimda Kabupaten Banyuasin.

Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru dalam sambutannya menyampaikan perasaan bangga dan terharu dengan sinergi antara Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, PLN dan Pemerintah Kabupaten Banyuasin sehingga akhirnya  pembangunan jaringan listrik di Desa Saluran dapat terlaksana, serta beliau mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah mendukung salah satu program pemerintah dengan peningkatan Rasio Desa Berlistrik setiap tahunnya.

Sementara itu Wakil Bupati Banyuasin, H. Slamet Somosentono, S.H. menyampaikan sambutan yang penuh kebahagiaan atas telah dinyalakannya listrik desa yang kini sudah bisa dinikmati masyarakat Dusun Saluran karena listrik telah sangat lama mereka nantikan, setidaknya 35 tahun mereka harus menunggu.

Untuk merealisasikan listrik di Desa Saluran, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu melalui UP2K Sumatera Selatan telah melaksanakan Pembangunan Saluran Udara Tegangan Menengah sepanjang 4,44 kms dengan Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 8,15 kms serta 3 unit Gardu Distribusi dengan Kapasitas 50 kVA dengan total investasi 3,25 Milyar Rupiah.

“Rasio Desa Berlistrik di Provinsi Sumatera Selatan secara keseluruhan saat ini telah mencapai 99,02 persen. Mohon doa dan dukungan agar seluruh desa di Provinsi Sumatera Selatan segera merata dapat menikmati listrik dari PLN. Diharapkan dengan penyelesaian pembangunan listrik perdesaan diatas dapat meningkatkan lagi capaian RDB Provinsi Sumatera Selatan.” ungkap Amris Adnan, selaku General Manager PLN UID S2JB.

Dalam kesempatan tersebut PLN juga memberikan bantuan berupa token listrik untuk 5 orang penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Dan tak lupa juga mengajak masyarakat agar dapat menggunakan PLN Mobile, untuk memperoleh info dan layanan tentang PLN serta segera beralih menuju gaya hidup electrifying lifestyle dengan menggunakan peralatan listrik yang ramah lingkungan dan bebas emisi.

Peresmian Listrik Desa ditandai dengan Penekanan Sirine serta Penyalaan MCB pada salah satu sekolah di Dusun Saluran yang dilakukan oleh Gubernur Sumatera Selatan didampingi General Manager PLN UID S2JB, Wakil Bupati Banyuasin dan segenap Jajaran Manajemen PLN serta Forkopimda Kabupaten Banyuasin.




Sumber : Kompas TV Palembang


BERITA LAINNYA



Close Ads x