Kompas TV regional sulawesi

Lomba Balap Perahu Tradisional Meriahkan Hut Ke 78 RI

Kompas.tv - 21 Agustus 2023, 16:19 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAROS, KOMPAS.TV - Lomba balap perahu tradisional jolloro di kabuten Maros, Sulawesi Selatan, digelar untuk meriahkan hut RI. Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antar nelayan dan warga untuk menumbuhkan rasa persaudaraan.

Perahu yang biasanya digunakan untuk mencari ikan oleh nelayan, kini diperlombakan untuk mengadu kecepatan. Seperti balapan pada umumnya, para peserta saling menyalip di lintasan untuk merebut posisi pertama. Kegiatan yang berlangsung dua hari di dermaga biru, kecamatan bontoa, kabupaten Maros ini, disambut antusias ribuan penonton dari berbagai kalangan. Teriakan penonton juga mewarnai lomba saat jagoan mereka mengadu kecepatan di dalam lintasan.

Sebanyak 100 peserta dari beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan, berpartisipasi dalam lomba kali ini. Dua kategori yang dilombakan yakni perahu jolloro dengan mesin 24 pk, dan katinting mesin 17 atau 18 pk serta mesin 13 pk. Para peserta juga wajib mengelilingi lintasan sebanyak 3 kali yang berjarak 4 kilometer.tak hanya mengandalkan kekuatan mesin, mereka juga harus piawai mengendalikan laju perahu.

#lombabalapperahu
#lomba17agustus
#perahutradisionaljolloro



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x