Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pilah Sampah Bersama Desa Binaan UNDIP

Kompas.tv - 29 Agustus 2023, 12:09 WIB
pilah-sampah-bersama-desa-binaan-undip
Kampus Universitas Diponegoro (Undip) (Sumber: KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Hariyanto Kurniawan

SEMARANG, KOMPAS.TV -  Pengembangan Desa Wisata Agroekokultural diperlukan sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat. Seperti yang dilakukan program IPTEK desa binaan UNDIP (IDBU) yang dibawa mahasiswa Universitas Diponegoro. Mereka turut berperan aktif dengan menginisiasi program sosialisasi pemilahan sampah, Agustus 2023. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemilahan sampah dan mendukung upaya pengelolaan lingkungan yang lebih berkelanjutan.

Sosialisasi ini diikuti oleh para pedagang UMKM Pasar Krempyeng dan masyarakat Dusun Sironjang, Semarang, Jawa Tengah, dimulai pada Pukul 19.00 WIB hingga selesai. 

Tim Pelaksana Program IDBU dengan antusias memberikan informasi kepada warga Dusun Sironjang tentang pentingnya memilah sampah organik, anorganik dan B3, serta bagaimana cara yang benar dalam melakukannya.

Baca Juga: Link Pengumuman Jalur Mandiri Vokasi Kemitraan Undip 2023, Diumumkan Hari Ini

"Kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai sampah B3 seringkali masih minim, Edukasi mengenai pemilahan sampah menjadi suatu keharusan demi menjaga kesehatan dan keberlanjutan lingkungan Sironjang," ujar Nasywa Hanifati (21), Tim pelaksana program IDBU.

Para peserta sosialisasi juga diberikan leaflet edukasi tentang pemilahan sampah di rumah tangga. Masyarakat diberikan edukasi mengenai bagaimana cara memilah sampah sehari-hari, mulai dari plastik, kertas, organik, hingga sampah B3.

Tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, mahasiswa-mahasiswa ini juga melakukan demonstrasi langsung tentang cara yang tepat dalam memilah sampah dengan menyediakan tempat sampah untuk sampah organik, anorganik, dan B3. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat mengaplikasikan langsung pengetahuan yang telah diberikan.

"Menurut saya sangat penting, karena sampah itu merupakan masalah yang sangat besar di masyarakat kita kesadaran untuk peduli terhadap sampah itu kurang, khususnya di Sironjang."

"Hal ini karena masyarakat belum mengerti akan dampak yang dirasakan apabila sampah yang menumpuk akan menjadi sumber penyakit, lewat sosialisasi oleh adik adik mahasiswa Undip kemarin saya rasa sangat memberikan informasi yang bagus dan berdampak positif," ungkap Daryono, selaku ketua RT 02 Dusun Sironjang yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga: Lolos Jalur Ujian Mandiri Undip Kemitraan 2? Simak Info Tahapan Selanjutnya di Sini

Sosialisasi pemilahan sampah ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata dari program IDBU dalam mendukung program kebersihan dan kesehatan lingkungan Dusun Sironjang.

Melalui kegiatan semacam ini, diharapkan kesadaran masyarakat dusun Sironjang akan pentingnya pengelolaan sampah dapat semakin meningkat, sehingga lingkungan yang bersih dan sehat dapat terwujud dengan lebih baik di masa depan.

Artikel kiriman dari Nasywa Hanifati, mahasiswi Universitas Diponegoro


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x