Kompas TV regional jabodetabek

Hari Terakhir, Cek Rekayasa Arus Lalu Lintas Selama KTT ASEAN 2023 di Jakarta

Kompas.tv - 7 September 2023, 07:55 WIB
hari-terakhir-cek-rekayasa-arus-lalu-lintas-selama-ktt-asean-2023-di-jakarta
Para pemimpin Asia Tenggara yang dipimpin oleh tuan rumah Indonesia, Presiden Joko Widodo, berkumpul dalam KTT ASEAN terakhir mereka tahun ini, dikepung oleh isu-isu rumit yang memecah belah tanpa solusi yang jelas: konflik sipil mematikan di Myanmar, ketegangan baru di Laut China Selatan, dan persaingan lama antara Amerika Serikat dan China. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di DKI Jakarta memasuki hari terakhir, Kamis (7/9/2023). 

Namun, untuk memastikan kelancaran acara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya memberlakukan rekayasa lalu lintas.

Rekayasa lalu lintas berlaku pada pukul 07.00 WIB hingga 10.00 WIB, serta dilanjutkan pada pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Baca Juga: Para Pemimpin Negara Hingga Kamala Harris Kenakan Batik di Gala Dinner KTT Ke-43 ASEAN

Namun, pengaturan ini hanya akan diterapkan secara situasional di beberapa ruas jalan yang terkait dengan mobilitas kegiatan KTT.

Berikut daftar rekayasa lalu lintas yang diterapkan sebagaimana dijelaskan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Pemprov DKI Jakarta.

Daftar Pengalihan Arus Lalu Lintas Hari Ini

Pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan di beberapa ruas jalan dengan skema buka-tutup. Berikut adalah beberapa ruas jalan yang terpengaruh.

Baca Juga: Jakarta Siang Hari Terpolusi ke-2 di Dunia, Pengaruh Macet Penutupan Jalan untuk KTT Ke-43 ASEAN?

  1. Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman (dari Bundaran Patung Kuda hingga Bundaran Senayan).
  2. Jalan HR Rasuna Said (dari lampu lalu lintas Cokro hingga lampu lalu lintas Kuningan).
  3. Jalan Gatot Subroto (dari lampu lalu lintas Kuningan hingga lampu lalu lintas Slipi) dan Jalan Imam Bonjol hingga Bundaran Hotel Indonesia.

Rute Alternatif selama KTT ASEAN ke-43

Untuk menghindari kemacetan dan kelancaran mobilitas selama KTT ASEAN ke-43, berikut adalah beberapa rute alternatif yang dapat Anda pertimbangkan.

  • Jika Anda bergerak dari Selatan (Cipete) menuju Barat (Slipi) atau Utara (Monas), Anda dapat melalui Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-berputar di U-turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar, dan seterusnya.
  • Jika Anda bergerak dari Utara (Kota Tua) menuju Selatan (Blok M), Anda dapat melalui Jalan Suryopranoto-Jalan Balikpapan-Jalan Cideng Timur-Jalan K.H. Mas Mansyur-Jalan Penjernihan-Jalan Pejompongan-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Kyai Maja-Jalan Panglima Polim, dan seterusnya.

Baca Juga: Pecah! Xanana Gusmao Goyang Bareng di Gala Dinner KTT ASEAN

  • Jika Anda bergerak dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi), Anda dapat melalui Jalan Kapten Tendean-Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Trunojoyo-Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pd. Indah-berputar di U-turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-Jalan S. Parman, dan seterusnya.
  • Jika Anda bergerak dari Barat (Slipi) ke Timur (Tebet), Anda dapat melalui Jalan S. Parman-Jalan Pejompongan-Jalan Penjernihan-Jalan R.M. Margono-Jalan Galunggung-Jalan Dr. Saharjo-Jalan Prof Dr. Soepomo-Jalan MT Haryono, dan seterusnya.

Dengan mengikuti rute alternatif ini, Anda dapat memastikan mobilitas tetap lancar selama perhelatan KTT ASEAN ke-43 di DKI Jakarta.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x