Kompas TV regional jabodetabek

Usai Kebakaran Stasiun Halim, PT KCIC Pastikan Bangunan Aman dan Berfungsi Normal

Kompas.tv - 11 September 2023, 10:12 WIB
usai-kebakaran-stasiun-halim-pt-kcic-pastikan-bangunan-aman-dan-berfungsi-normal
Bangunan Stasiun Halim atau Kantor PT KCIC yang kebakaran pada Senin (11/9) dini hari dipastikan dalam kondisi aman dan fungsinya berjalan normal. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan bangunan Stasiun Halim dalam kondisi aman usai terjadi kebakaran pada Senin (11/9/2023) dini hari.

Menurut keterangan GM Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa, pihaknya bersama WIKA sebagai kontraktor telah memastikan bahwa Stasiun Halim dalam kondisi aman.

"Bagian dalam bangunan stasiun dipastikan dalam kondisi baik dan seluruh fungsi dapat berjalan normal," kata Eva melalui keterangan tertulis Senin, (11/9/2023) pagi.

Ia menerangkan kebakaran yang terjadi pada Senin dini hari merupakan percikan api di atap peron sisi timur pada bagian lapisan proteksi atap.

KCIC, kata Eva, langsung berkordinasi bersama Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Wilayah Jakarta Timur.

"Api yang terlihat pukul 00.30 WIB tersebut telah dipadamkan oleh petugas Damkar dan pagi ini seluruh kondisi Stasiun Halim dipastikan dalam kondisi aman," tegasnya.

Baca Juga: Update Kebakaran Kantor Kereta Cepat Halim Perdanakusuma, Sumber Api Masih Diinvestigasi

Selain itu, ia menyebut, petugas Damkar telah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk memastikan kondisi tetap terkendali. 

"Adapun saat ini penyebab kejadian dalam proses investigasi," jelasnya.

Ia menekankan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran ini. Sementara itu, KCIC juga akan terus berkordinasi dengan pihak kontraktor untuk memastikan keselamatan dan keamanan proyek kereta api cepat relasi Jakarta-Bandung. 

Sebelumnya, kebakaran terjadi di Kantor PT KCIC di Halim Perdanakusuma, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur (Jaktim) pada Senin (11/9/2023) dini hari.

Sejumlah petugas Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jaktim melakukan proses pemadaman saat kepulan asap tampak dari area atas kantor PT KCIC.

Titik api yang berada di lantai atas membuat petugas damkar lebih berhati-hati dalam melakukan proses pemadaman.

Baca Juga: Kualitas Jakarta Pagi Ini Masih Tergolong "Tidak Sehat", Terburuk Ke-3 Sedunia

Hingga Senin (11/9) pagi belum diketahui pasti kapan awal mula terjadinya kebakaran. Akan tetapi, api dilaporkan telah membumbung di atas stasiun pada sekitar pukul 00.30 WIB.

Di sisi lain, Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jaktim menerima laporan kebakaran pada pukul 01.26 WIB.


 

Setidaknya ada lima unit mobil pemadam kebakaran dengan 16 personel diterjunkan untuk memadamkan api.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x