Kompas TV regional jabodetabek

TransJakarta akan Bangun 3 Halte Besar seperti Harmoni, yaitu Halte UKI, CSW, dan Monas

Kompas.tv - 11 September 2023, 10:54 WIB
transjakarta-akan-bangun-3-halte-besar-seperti-harmoni-yaitu-halte-uki-csw-dan-monas
Halte CSW di persimpangan antara Jalan Panglima Polim, Kiyai Maja, Trunojoyo, dan Sisingamangaraja di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) membangun tiga halte integrasi besar untuk memudahkan mobilitas pelanggan dari berbagai wilayah Jakarta maupun kota penyangga. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) membangun tiga halte integrasi besar untuk memudahkan mobilitas pelanggan dari berbagai wilayah Jakarta maupun kota penyangga. Ketiga halte itu nantinya akan berfungsi seperti halte sentral Harmoni.

"Jakarta nanti akan punya tiga halte seperti Harmoni. Yakni Monas, Cakra Selaras Wahana (CSW), dan UKI (Universitas Kristen Indonesia) yang akan sangat besar nantinya," kata Direktur Operasi dan Keselamatan TransJakarta Daud Joseph di Jakarta, Minggu (10/9/2023).

Ia menerangkan, Halte CSW akan menampung rute Jakarta Selatan hingga UKI menjadi pintu masuk dari kawasan, seperti Depok, Cibubur, hingga Bogor.

Baca Juga: Jokowi Minta Armada Bus Listrik TransJakarta Ditambah, Saat ini Baru Ada 52 Unit

Halte CSW berlokasi di persimpangan antara Jalan Panglima Polim, Kiyai Maja, Trunojoyo, dan Sisingamangaraja di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Halte CSW juga jadi titik pertemuan dengan Stasiun MRT ASEAN.

Daud berharap, masyarakat membiasakan antre demi mengutamakan kenyamanan bersama.Dia juga ingin agar masyarakat memahami adanya budaya transit sehingga harus memahami beragam rute terlebih dahulu sebelum menaiki TransJakarta.

Maka dari itu, pihaknya mengoptimalkan salah satu halte yakni CSW untuk menjadi lokasi transit yang nyaman bagi pelanggan Transjakarta.

"Sebenarnya kita mendidik mereka untuk transit, CSW itu adalah halte yang kita buat untuk membiasakan orang transit," sebutnya.

Baca Juga: TransJakarta Batal Naikkan Tarif Bus Royaltrans dari Rp20.000 jadi Rp40.000

Kemudian Halte Monas akan diperpanjang dari 26 meter menjadi 70 meter. Untuk itu TransJakarta akan berkoordinasi dengan pihak PT Moda Raya Terpadu (MRT). Pasalnya, halte tersebut juga dilewati MRTFase 2 rute Bundaran HI-Kota. Waktu renovasi Halte Monas ini akan makan waktu hingga delapan bulan.

"Pengerjaan bisa cukup cepat, karena kita minta memang dibangun dengan material-material yang cepat supaya layanan ke pelanggan tak terganggu," ujarnya.

Saat ini, Halte Sentral Harmoni sendiri terdampak Pembangunan MRT Fase 2 tersebut. Proyek MRT ini diperkirakan baru akan selesai antara 2028 atau 2029.


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x